Dorong Masyarakat Peduli Lingkungan, Wisma Jerman Surabaya Gelar Pameran Bertajuk ‘Art for Nature’

Surabaya, 1 Oktober 2024 – Dalam setiap karya lukisan, tentunya memiliki nilai-nilai pesan yang mendorong masyarakat tergerak melakukan sesuatu, salah satunya kepedulian terhadap lingkungan. Sebuah pameran dan lelang lukisan bertajuk ‘Art for Nature’ di Ruang Halle Wisma Jerman Surabaya, hasil kolaborasi antara komunitas Aksi Cinta Indonesia (ACI), Wisma Jerman dan Lotus Art Course (LAC) diadakan sejak 30 September lalu hingga 2 Oktober 2024 besok.

Hasil dari karya yang dilelang pada pameran ini, nantinya akan digunakan untuk menggalang dana kampanye penanaman 1000 pohon mangrove di Wonorejo yang sudah digalakkan oleh Wisma Jerman Surabaya, sejak April 2024 lalu.

Terdapat kegiatan menarik yang dihadirkan dalam rangkaian pameran dan lelang ini, yaitu melukis bersama untuk anak-anak hingga remaja yang digelar pada Minggu (29/9/2024) lalu, dengan media kipas.

Saat dikonfirmasi, Selasa (1/10/2024), pendiri sekaligus guru di Lotus Art Courses (LAC), I Putu Mahendra menjelaskan, kegiatan melukis bersama tersebut juga membawa semangat yang sama dengan tema besar pameran, yakni tentang lingkungan.

“Kegiatan ini berbayar, namun 25% dari biayanya akan disumbangkan untuk mendukung program atau kampanye penanaman 1.000 pohon mangrove di Wonorejo,” jelas Putu.

Total peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan melukis bersama, diungkapkan Putu, ada sejumlah 23 anak, yang di antaranya adalah siswa LAC dan beberapa peserta umum.

“Setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini juga dapat mereka bawa pulang kipas yang telah mereka lukis sebagai kenang-kenangan, sekaligus mendapatkan sertifikat serta sesi foto bersama,” ungkap Putu.

Putu mengatakan, rangkaian acara ini diharapkan bisa menunjukkan kepada masyarakat terutama generasi muda bahwa seni tidak hanya terbatas pada aspek visual, tetapi juga bisa menjadi sarana aksi sosial.

“Harapannya adalah untuk Dengan kegiatan ini, para peserta tidak hanya menambah pengalaman melukis, tetapi juga berkontribusi pada gerakan penanaman seribu pohon yang sudah sedang berjalan,”ujarnya.

Di sisi lain, Music Director ACI, Eri Atmojo menuturkan, kegiatan semacam ini sangatlah bagus, karena mampu memberikan kesempatan bagi anak-anak dan mengedukasi mereka terkait pentingnya menjaga lingkungan dengan cara yang menyenangkan.

“Tentu kegiatan ini seru sekali, anak-anak bisa berkreasi melalui lukisan mereka di media uang unik seperti kipas, dan terlebih mereka secara tidak langsung juga belajar akan pentingnya menjaga alam,” kata Eri.

Menurut Eri, kampanye peduli lingkungan melalui acara ini sangatlah penting bagi ACI yang merupakan komunitas anak-anak maupun remaja. Ia merasa, hal tersebut dapat meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan kepada generasi muda yang sudah sepatutnya dilakukan dan merupakan tanggung jawab orang dewasa.

“Karena, pada akhirnya, bumi ini akan diwariskan kepada mereka. Kami berharap kampanye ini bisa menginspirasi lebih banyak orang untuk ikut serta,”tukasnya. 

You May Also Like

More From Author