Atasi Ketimpangan Pembangunan Antar Wilayah dan Ciptakan Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru, Pemerintah Dorong Pengembangan Kawasan Strategis

Jakarta, September 2023 – Tumbuh mencapai 5,17% (yoy) di kuartal kedua tahun 2023, Indonesia tetap mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5% selama 7 kuartal berturut-turut. Fundamental ekonomi Indonesia yang solid didukung salah satunya oleh Purchasing Managers’ Index  (PMI) Indonesia yang mencapai 53,9 di bulan Agustus 2023 dan terus berada di level ekspansif selama 24 bulan berturut-turut.

Angka PMI Indonesia yang terus ekspansif dan cenderung meningkat, memberikan prospek positif bagi kinerja industri pengolahan ke depan. Dari sisi PDB menurut lapangan usaha, industri pengolahan mempunyai kontribusi terbesar yaitu 18,25% terhadap PDB dan mampu tumbuh sebesar 4,88% pada kuartal kedua 2023.

“Mengenai PMI global yang akan melambat, tapi Indonesia luar biasa bisa mencapai 53,9 pada saat peers kita, pesaing kita kontraksi. Ini luar biasa temen-temen HKI ini kontribusinya pada PMI. Saya kira kita apresiasi untuk temen-temen HKI,” ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso saat menyampaikan sambutan mewakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Pembukaan Rapat Kerja Nasional Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) ke-XXIII di Jimbaran, Bali, Kamis (21/09).

Berdasarkan OECD Economic Outlook, Interim Report 19 September 2023, pertumbuhan PDB dunia diproyeksikan terjadi perlambatan yakni 3,0% di tahun 2023 dan 2,74% di tahun 2024. Sementara itu, pertumbuhan PDB Indonesia sendiri diproyeksikan mengalami perbaikan yakni 4,9% di tahun 2023 dan 5,2% di tahun 2024.

Lebih jauh, World Bank kembali mengklasifikasikan Indonesia menjadi upper middle income country. Berbagai lembaga pemeringkat investasi juga mempertahankan status investment grade bagi Indonesia dengan dukungan kinerja ekonomi yang kuat, reformasi kebijakan struktural, penurunan tekanan inflasi, dan defisit fiskal yang kembali di bawah 3%

Sesmenko Susiwijono juga mengatakan bahwa tujuan investasi di Indonesia saat ini sebagian besar masih berpusat di pulau Jawa. Untuk menciptakan sumber pertumbuhan ekonomi baru dan mengatasi ketimpangan antar wilayah, Pemerintah menjalankan kebijakan utama melalui pembangunan kawasan strategis seperti Kawasan Industri (KI), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB), dan Kawasan Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) dengan prioritas pengembangan di luar jawa.

Selain itu, Pemerintah juga terus melakukan percepatan program Proyek Strategis Nasional (PSN) melalui percepatan pembangunan infrastruktur kewilayahan guna mendukung pengembangan industri.

Menutup penjelasannya, Sesmenko Susiwijono menyampaikan bahwa pembangunan Kawasan Industri diarahkan untuk mengembangkan sumber pertumbuhan ekonomi dan mendorong ekonomi yang inklusif di daerah, menciptakan lapangan kerja dan nilai tambah, serta meningkatkan daya saing industri di daerah, terutama untuk meningkatkan ekspor dan substitusi impor.

You May Also Like

More From Author

284Comments

Add yours
  1. 5
    CharlesWeest

    indian pharmacy paypal [url=http://indiapharmast.com/#]online pharmacy india[/url] buy prescription drugs from india

  2. 12
    CharlesWeest

    mexico drug stores pharmacies [url=https://foruspharma.com/#]mexican rx online[/url] reputable mexican pharmacies online

  3. 67
    ArnoldEndam

    medicine in mexico pharmacies [url=https://mexicandeliverypharma.online/#]mexican rx online[/url] п»їbest mexican online pharmacies

  4. 77
    ArnoldEndam

    medicine in mexico pharmacies [url=https://mexicandeliverypharma.com/#]mexican border pharmacies shipping to usa[/url] medicine in mexico pharmacies

  5. 97
    NathanLials

    Link pyramid, tier 1, tier 2, tier 3
    Primary – 500 references with positioning contained in articles on content domains

    Tier 2 – 3000 web address Redirected hyperlinks

    Tier 3 – 20000 links mix, remarks, articles

    Using a link structure is helpful for indexing systems.

    Require:

    One connection to the domain.

    Query Terms.

    True when 1 keyword from the content title.

    Observe the extra service!

    Crucial! Primary connections do not coincide with Tier 2 and Tier 3-level links

    A link network is a mechanism for increasing the circulation and link profile of a digital property or social media platform

  6. 212
    Ремонт телефонов

    Профессиональный сервисный центр по ремонту сотовых телефонов, смартфонов и мобильных устройств.
    Мы предлагаем: сервис по ремонту телефонов
    Наши мастера оперативно устранят неисправности вашего устройства в сервисе или с выездом на дом!

  7. 213
    Ремонт смартфонов

    Профессиональный сервисный центр по ремонту сотовых телефонов, смартфонов и мобильных устройств.
    Мы предлагаем: ремонт смартфонов
    Наши мастера оперативно устранят неисправности вашего устройства в сервисе или с выездом на дом!

  8. 222
    ремонт квадрокоптеров в москве

    Профессиональный сервисный центр по ремонту квадрокоптеров и радиоуправляемых дронов.
    Мы предлагаем:ремонт дронов в москве
    Наши мастера оперативно устранят неисправности вашего устройства в сервисе или с выездом на дом!

  9. 224
    ремонт ноутбуков

    Профессиональный сервисный центр по ремонту ноутбуков и компьютеров.дронов.
    Мы предлагаем:ремонт ноутбука
    Наши мастера оперативно устранят неисправности вашего устройства в сервисе или с выездом на дом!

  10. 258
    ремонт квадрокоптеров москве

    Профессиональный сервисный центр по ремонту радиоуправляемых устройства – квадрокоптеры, дроны, беспилостники в том числе Apple iPad.
    Мы предлагаем: ремонт квадрокоптеров
    Наши мастера оперативно устранят неисправности вашего устройства в сервисе или с выездом на дом!

  11. 278
    Ремонт стиральных машин

    Наш сервисный центр предлагает высококачественный центр ремонта стиральной машины в москве любых брендов и моделей. Мы осознаем, насколько значимы для вас ваши стиральные машины, и стремимся предоставить услуги высочайшего уровня. Наши профессиональные техники работают быстро и аккуратно, используя только сертифицированные компоненты, что гарантирует долговечность и надежность проведенных ремонтов.
    Наиболее общие проблемы, с которыми сталкиваются обладатели устройств для стирки, включают неработающий барабан, проблемы с нагревом воды, ошибки ПО, неработающий насос и повреждения корпуса. Для устранения этих проблем наши опытные мастера оказывают ремонт барабанов, нагревательных элементов, ПО, насосов и механических компонентов. Обратившись к нам, вы получаете долговечный и надежный центр ремонта стиральной машины на дому.
    Подробная информация представлена на нашем сайте: https://remont-stiralnyh-mashin-ace.ru

  12. 283
    Ремонт варочных панелей в Москве

    Профессиональный сервисный центр по ремонту варочных панелей и индукционных плит.
    Мы предлагаем: сервисный центр варочных панелей
    Наши мастера оперативно устранят неисправности вашего устройства в сервисе или с выездом на дом!

  13. 284
    ремонт бытовой техники в екатеринбурге

    Профессиональный сервисный центр по ремонту бытовой техники с выездом на дом.
    Мы предлагаем:сервис центры бытовой техники екатеринбург
    Наши мастера оперативно устранят неисправности вашего устройства в сервисе или с выездом на дом!

+ Leave a Comment