Beragam Permainan Tradisional yang Menguntungkan untuk Kesehatan Fisik

Beragam Permainan Tradisional yang Menguntungkan untuk Kesehatan Fisik

Permainan tradisional adalah https://smabudimulia-jakarta.com/ jenis permainan yang berasal dari masa lalu dengan konsep yang cukup sederhana. Disebut sebagai permainan tradisional karena menggunakan peralatan dan bahan yang juga sederhana.

Namun, seiring waktu, keberadaan permainan tradisional ini mulai menurun popularitasnya dan semakin terlupakan oleh generasi yang ada.

Padahal, permainan tradisional ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat berfungsi sebagai aktivitas fisik. Selain itu, permainan ini dapat melatih kekompakan, kebersamaan, gotong royong, dan saling menghargai.

Oleh karena itu, sangat penting bagi siapa saja, terutama pelajar, untuk ikut melestarikan permainan tradisional.

Para siswa dapat melestarikan permainan ini dengan memainkannya saat istirahat atau di hari libur bersama teman-teman.

Ada banyak permainan tradisional yang bisa dimainkan, dan beberapa di antaranya sangat baik untuk kesehatan fisik. Apa sajakah itu? Mari kita simak artikel berikut ini!

Berikut adalah berbagai jenis permainan tradisional yang bermanfaat bagi kesehatan fisik, berdasarkan informasi dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Kamis (8/6/2023).

Gobag Sodor
Gobag sodor adalah permainan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah, yang juga dikenal sebagai galasin di Jakarta. Permainan ini cukup sederhana dan melibatkan dua kelompok pemain.

Satu kelompok bertugas menjaga agar kelompok lawan tidak bisa melintasi garis belakang, sedangkan kelompok lainnya berusaha untuk melewati penghalang yang dijaga oleh kelompok pertama.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari permainan gobag sodor, antara lain sebagai sarana olahraga dan aktivitas fisik, melatih rasa tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok, mengembangkan kedisiplinan, belajar untuk bekerja sama, serta sebagai bentuk hiburan.

Engklek
Engklek, atau yang juga disebut dampu, adalah salah satu jenis permainan tradisional yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga menyehatkan.

Pemain hanya perlu melemparkan trengkal atau gacoan yang terbuat dari pecahan genting ke dalam area engklek dan melompati setiap kotak tanpa menyentuh area yang ada gacoan tersebut.

Dengan bermain engklek, kita bisa melatih ketangkasan dan kelincahan, karena pemain harus melompat dari kotak ke kotak yang ada di area permainan.

Egrang
Egrang adalah salah satu permainan rakyat yang unik dan mengasyikkan. Meskipun terlihat sederhana, permainan ini sebenarnya membutuhkan keterampilan yang baik dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Selain itu, kecepatan dan ketepatan sangat penting dalam permainan ini. Egrang bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan ketangkasan tubuh para pemainnya.

You May Also Like

More From Author