Diminati Para Peselancar, Banyuwangi Punya Ombak yang Setara dengan Ombak Hawaii

Banyuwangi, 16 Juli 2024, Pantai Plengkung dikenal sebagai destinasi wisata pantai di Banyuwangi dengan ombak yang tinggi dan besar. Lokasinya terletak di area Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Plengkung tak hanya mampu menarik wisatawan untuk berkunjung tetapi juga sekaligus para peselancar kelas dunia.

Dilansir dari Indonesia.go.id, pantai yang juga dikenal sebagai G-Land ini diakui sebagai salah satu spot selancar terbaik di Asia Tenggara. Tak hanya itu, pantai ini juga termasuk ke dalam 7 ombak terbaik di seluruh dunia. Ombak Pantai Plengkung setara dengan ombak pantai di Hawaii dan Afrika Selatan. Ketinggian ombak pantai ini bisa mencapai 4-8 meter dengan panjang 2 km.

Ombak tersebut juga dibedakan menjadi tiga tingkatan. Yakni kong waves 6-8 meter, speedis waves 5-6 meter dan many track waves 3-4 meter. Para peselancar pemula sering mengasah keterampilannya di tingkatan ombak 3-4 meter.

Adapun puncak gelombak di Pantai Plengkung biasanya terjadi antara bulan April hingga Agustus setiap tahunnya.

Sebagai spot terbaik untuk berselancar, Pantai Plengkung pernah menjadi tuan rumah untuk sejumlah lomba selancar internasional.

Diantaranya Quicksilver Pro Surfing Championship pada tahun 1995, 1996, dan 1997, serta Da Hui Pro Surfing World Championship seri III pada tahun 2003.

Bagi wisatawan yang bukan peselancar, bisa menikmati keindahan pantai dan laut biru yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

You May Also Like

More From Author