Live di e-Commerce Dorong Penjualan Brand Lokal Hijabchic

JAKARTA, 17 JULI 2024 – Industri fashion terus berkembang dengan cepat. Tidak terkecuali fashion muslim yang kini menjadi pasar yang geliatnya semakin menjanjikan.

Saat ini, berbagai variasi produk muslim dengan model dan gaya terkini hadir untuk memenuhi preferensi dan kebutuhan perempuan Indonesia. Permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya menjadi peluang yang disambut oleh Nisa Pratiwi saat membangun bisnis brand lokalnya HijabChic pada tahun 2011.

Brand ini diawali dari bisnis rumahan. Visinya ketika itu adalah untuk menemani perjalanan hijrah setiap perempuan Indonesia.
HijabChic juga mempunyai misi untuk menyediakan koleksi fashion Muslim yang berkualitas dan selalu update dengan tren.

Founder & CEO HijabChic Nisa Pratiwi mengatakan, produk Hijabchic selalu didesain dengan mempertimbangkan kebutuhan konsumen yang ingin tampil modis namun tetap nyaman. Saat membangun brand ini, Ia menjual produk secara online melalui media sosial.

Namun, seiring dengan meningkatnya permintaan dan popularitas, HijabChic mulai mengatur strategi dengan memanfaatkan platform Shopee di tahun 2018. Langkah ini membuka peluang lebih besar untuk menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia.

“Bersama Shopee kami berhasil meningkatkan penjualan yang signifikan. Khususnya saat menggunakan fitur Shopee Live. Kontribusi Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan Hijabchic. di mana hingga 60 persen total pendapatan di semester I tahun 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live,” tutur Nisa.

Fokus produk HijabChic adalah daily wear dengan design yang selalu up-to-date. Selain itu Ia juga menggunakan bahan kain berkualitas, special twist di setiap koleksinya, dan timeless.

Hijabchic berusaha untuk menjaga konsep dan prinsip bisnis yang kuat sebagai brand lokal. Serta selalu bisa merespon kebutuhan pasar yang membutuhkan produk fashion untuk dipakai setiap hari maupun untuk special occasions tertentu. Misalnya untuk wedding, formal gathering, dan acara formal lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Hijabchic terus mengembangkan produknya dengan menambahkan beragam koleksi daily outfit, special outfit, dan hijab. Jenis produk yang telah diluncurkan seperti tops, tunics, innerwear, dress, rok, pants, scarf, outer, aksesoris.

Inspirasi setiap koleksi diambil dari berbagai tren fashion global dan lokal, serta kebutuhan dan preferensi pelanggan. Setiap koleksi selalu mengedepankan nilai-nilai modesty dan kenyamanan, harapannya agar selalu bisa diterima dengan baik oleh perempuan Muslim di Indonesia.

Dalam proses produksi, Hijabchic sangat memperhatikan proses produksi dengan teliti dan terstruktur. Dimulai dari pemilihan benang, produksi bahan hingga pembuatan produk-produk berkualitas tinggi yang siap diluncurkan.

”Proses produksi yang kami lakukan ada beberapa tahap. Seperti pemilihan benang dan warna, analisis tren, desain, prototyping dan sampling, produksi massal, hingga peluncuran koleksi baru. Semua proses produksi dilakukan secara lokal dengan harapan bisa menciptakan lapangan pekerjaan tambahan bagi masyarakat sekitar, memperkuat industri fashion lokal, dan meningkatkan perekonomian Indonesia,” jelasnya.

HijabChic mulai bergabung dengan Shopee pada tahun 2018 sebagai upaya untuk beradaptasi terhadap kemajuan teknologi dan perubahan perilaku konsumen. Selain itu, Hijabchic juga ingin memberikan akses mudah dan cepat kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

Sejak awal hingga bergabung dengan Shopee, HijabChic telah mengadopsi berbagai strategi untuk memaksimalkan penjualan online. Strateginya yaitu optimasi SEO, pemasaran melalui media sosial, penggunaan konten yang menarik dan dekorasi toko yang menarik (landing page, banner, logo), analisis dan optimalisasi, program afiliasi, hingga penawaran diskon menarik.

Yang spesialnya, Hijabchic akan menghadirkan koleksi terbaru kolaborasi dengan Kiara Leswara untuk membuat wanita tampil lebih percaya diri dalam menggapai semua mimpinya. Dengan konsep “Beauty Meets Fashion,” koleksi ini menggabungkan desain yang chic, simple, functional, dan bisa dipakai di semua occasions.

You May Also Like

More From Author