Mahasiswa Unesa Sumbang Medali Terbanyak

Malang, 6 Juli 2024, Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya meraih 13 medali emas dalam ajang ASEAN University Games (AUG) 2024, sekaligus menjadi yang terbanyak diantara 136 universitas lainnya yang ikut dalam ajang yang sama di Indonesia.

“Dari 126 medali emas, 97 perak dan 71 perunggu yamg diraih kontingen Indonesia, mahasiswa Unesa meraih 13 emas, tujuh perak dan lima perunggu,” kata Cak Hasan, saat penutupan AUG XXI 2024 di Universitas Negeri Malang, Sabtu (6/7) malam.

Sebagai apresiasi, lanjutnya, seluruh peraih medali dalam Pekan Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara itu mendapat beasiswa, bahkan untuk jenjang starta satu (S1) dibebaskan dari skripsi.

“Mahasiswa kami yang mendapatkan medali akan diberi beasiswa, untuk S1 juga dibebaskan untuk skripsi, sedangkan yang sudah lulus dan lanjut ke S2 akan dibebaskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sampai lulus,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) itu.

Cak Hasan menambahkan, bahwa Unesa berkomitmen untuk terus memfasilitasi semua mahasiswa agar terus meraih prestasi di bidangnya masing-masing, termasuk dalam hal olahraga yang memang sudah menjadi identitas kampus.

“Ada beberapa atlet Unesa yang ikut AUG juga masuk di Puslatda, ada juga yang dipersiapkan untuk Sea Games dan ASEAN Games. Para mahasiswa ini, mereka sangat rajin latihan karena kami memfasilitasi semua dengan harapan sukses prestasi di bidang olahraga sekaligus akademisnya,” ujar Prof Dr Nurhasan. “Intinya tugas para atlet di Unesa, latihan, latihan, latihan dan belajar,” tambahnya.

You May Also Like

More From Author