Menparekraf Dukung Musik Indonesia Go Internasional

28 Juni 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, mengatakan komitmen pemerintah Indonesia untuk terus mendukung upaya pengenalan musik Indonesia di kancah internasional. Hal ini disampaikan sambutan pada Diplomatic Forum di Surabaya.

Sandiaga Uno menjelaskan musik merupakan subsektor potensial dalam ekonomi kreatif Indonesia, secara luring.  “Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penuh upaya pengenalan musik Indonesia dan akan terus mendukung terselenggaranya event musik Indonesia bertaraf internasional,” katanya, Kamis (27/6) sore.

Menurutnya, musik tidak hanya menjadi pelengkap event internasional tetapi sudah menjadi bagian dari dunia diplomasi dan hubungan internasional. Ia menambahkan, sebagai bangsa yang kaya akan budaya dan musik tradisional, Indonesia telah menjadikan musik sebagai bagian dari tujuan diplomasinya. “Kami terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak agar musik Indonesia lebih dikenal di luar negeri,” katanya.

Sandiaga Uno menambahkan, musik telah terbukti kuat dan tidak terbatas. Menurut dia, individu, komunitas, bahkan masyarakat Indonesia dapat menikmati dan menggunakan musik untuk mengekspresikan diri dan mendorong integrasi ke dalam budaya dunia.

Sandiaga menambahkan, banyaknya event kolosal memainkan alat musik khas Indonesia, serta keterlibatan Indonesia di berbagai event musik internasional, menjadi upaya memperkenalkan Indonesia di mata dunia. Upaya ini, menurut dia, bukan hanya menjadi tanggung jawab para diplomat, musisi, dan tokoh budaya saja melainkan seluruh bangsa Indonesia.

You May Also Like

More From Author