Anak Usaha BUMN Bakal Jadi Pengelola Perkebunan Terbesar

Baca artikel detikfinance, “Anak Usaha BUMN Bakal Jadi Pengelola Perkebunan Terbesar, Begini Kesiapannya” selengkapnya https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6806221/anak-usaha-bumn-bakal-jadi-pengelola-perkebunan-terbesar-begini-kesiapannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Holding Perkebunan Nusantara PTPN (Persero) akan membentuk tiga subholding, salah satunya adalah Supporting Co. Pendirian subholding dimulai tahun ini sampai tahun depan.

PTPN Group akan menggabungkan delapan anak usaha, yaitu PTPN II, PTPN VII, PTPN VIII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, PTPN XII, dan PTPN XIV ke dalam PTPN I menjadi Sub Holding Supporting Co. Anak Perusahaan PTPN Group ini telah melakukan peningkatan kinerja keuangan, menyasar produktivitas kebun hingga efisiensi pabrik pengolahan.

Kesiapan PTPN yang akan dimerger ke dalam PTPN I guna membangun Sub Holding Supporting Co, seperti PTPN II, PTPN VII, PTPN VIII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, PTPN XII dan PTPN XIV dapat dilihat dari pencapaian perusahaan di tahun 2022.

Ketua Tim Transisi Supporting Co Jatmiko Santosa yang juga merupakan Direktur PTPN V, berharap raihan tahun lalu dapat terus ditingkatkan hingga nanti pasca Supporting Co terbentuk, maka Sub Holding PTPN tersebut akan mencapai target lebih besar yang dicanangkan oleh pemerintah menjadi perusahaan pengelolaan aset perkebunan unggul dan terbaik di Indonesia di masa mendatang yang mampu menjaga ketahanan pangan dan energi.

“Jika kinerja tahun lalu dapat terus ditingkatkan, maka Supporting Co ini seyogyanya akan menjadi perusahaan pengelola aset perkebunan yang unggul dan berkesinambungan,” jelas Jatmiko di Jakarta Selasa (4/7/2023).

Menurutnya hal tersebut didasarkan kepada potensi Supporting Co yang akan mengelola seluruh kegiatan pemanfaatan aset perkebunan melalui optimalisasi aset serta pengelolaan tanaman perkebunan, diversifikasi usaha, dan inisiatif lain yang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan, seperti green business.

Capaian positif anak perusahaan PTPN pembentuk Supporting Co berturut-turut terlihat mulai dari prestasi PTPN II, PTPN VII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, hingga PTPN XII yang mencatat sejumlah penghargaan. Sedangkan dua Pabrik Gula nya, yakni Pabrik Djatiroto dan Pabrik Wonolangan juga menyabet juara satu dan juara ketiga Pabrik Gula Terbaik

Kebun Glenmore juara keempat sebagai Kebun Tebu Terbaik dan Kebun Wonosari juara ketiga Kebun Teh Terbaik. Kemudian, Pabrik Pasewaran juara kelima Pabrik Pengolahan Karet Terbaik, dan Pabrik Glenmore juara keempat sebagai Pabrik Gula Terbaik.

Dengan berbagai raihan tersebut, Jatmiko percaya ruang perubahan yang dimiliki Supporting Co kedepan akan berpengaruh positif dan berdampak luas.

“Supporting Co yang akan terbentuk punya PTPN yang memiliki operasional, investasi, bahkan sampai efisiensi biaya terbaik di lingkungan Perusahaan Perkebunan Negara. Ini seharusnya menjadi modal bagi Supporting Co untuk terus melakukan perbaikan pasca merger nanti,” ujar Jatmiko.

Baginya, raihan PTPN-PTPN pembentuk Supporting Co tahun lalu seharusnya dapat dipertahankan dan ditingkatkan sehingga menjadi momentum perbaikan yang berkesinambungan yang tidak hanya memperbaiki kondisi Perusahaan, namun juga mampu memberi dampak luas bagi masyarakat.

“Tidak hanya bagi internal perusahaan, perbaikan kinerja anak usaha PTPN Group calon pembentuk Supporting Co ini harusnya dapat lebih luas lagi menjadi penggerak kegiatan perekonomian masyarakat. Kami optimis,” tukas Jatmiko Santosa.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours