Berdiri Sejak 1992! Pabrik Cerutu Terbaik di Jember Jawa Timur Produksi 350 Juta Batang: Tembus Pasar Dunia

Jember – Jember merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang dikenal dengan daerah penghasil tembakau. Selain dikenal dengan hasil tembakaunya, terdapat pabrik cerutu terbaik di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang sudah mendunia.

Disebut pabrik cerutu terbaik lantaran produk cerutu dari Kabupaten Jember eksis menembus pasar dunia. Hasil produk cerutu dari Kabupaten Jember kualitasnya tak perlu diragukan, bahkan sudah disandingkan dengan cerutu dari Kuba.

melansir dari website ptpn10.co.id, pabrik cerutu di Jember adalah industri Bobbin PTPN X yang bertempat di Desa Jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pabrik cerutu di Jember, Jawa Timur mempekerjakan ribuan karyawan yang didominasi perempuan.

Alasan yang bekerja di pabrik cerutu didominasi perempuan karena 90% perempuan tidak buta warna. Warna pada tembakau mempengaruhi rasa dari produk cerutu yang dihasilkan.

Sumber lain menyebut, industri Bobbin PTPN X telah berdiri sejak tahun 1992.

Produk cerutu dari Kabupaten Jember sudah diekspor ke sejumlah negara di dunia, antara lain:

Jerman

Swiss

Rusia

Tiongkok

Amerika Serikat

Italia

Brasil

Filipina

Apa itu Cerutu?

Cerutu atau sihar memiliki arti gulungan, maksudnya adalah gulungan utuh daun tembakau yang dikeringkan atau difermentasi.

Merupakan jenis rokok tembakau, cerutu dianggap lebih mewah dibandingkan dengan rokok biasa.

Hal yang membedakan cerutu dengan rokok biasa ialah keseluruhan dari cerutu merupakan tembakau.

Demikian itulah ulasan mengenai pabrik cerutu terbaik yang menembus pasar dunia, berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours