Dampak BI Rate Naik ke Instrumen Investasi

Jakarta – Bank Indonesia (BI) resmi menaikkan bunga acuan sebesar 25 basis point menjadi 6%, dari sebelumnya 5,75% sejak Januari 2023. Kebijakan ini menjadi salah satu strategi BI untuk memperkuat nilai tukar rupiah dan mengontrol tingkat inflasi.

Keputusan ini pun digadang bisa memberikan dampak positif terhadap iklim investasi. Pasalnya, kenaikan suku bunga biasanya akan diikuti oleh kenaikan Bunga Penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Kenaikan Bunga Bank Umum diprediksi bisa menjadi 4,5% dari sebelumnya 4,25% dan Bunga Bank Perekonomian Rakyat (BPR) menjadi 7% dari sebelumnya 6,75%.

Head of Marketing Deposito BPR by Komunal Vera Rosana mengatakan jika kenaikan Bunga Penjamin LPS terjadi dalam waktu dekat, maka masyarakat bisa semakin termotivasi untuk berinvestasi.

“Jika prediksi kenaikan Bunga Penjamin LPS ini benar terjadi dalam waktu dekat, maka akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan simpanannya di bank, karena bisa mendapatkan bunga yang juga lebih tinggi, khususnya simpanan masyarakat dalam bentuk deposito,” ujar Vera dalam keterangan tertulis, Jumat (27/10/2023).

Jika prediksi ini terealisasi, maka bunga keuntungan deposito BPR akan menjadi lebih tinggi dari Kupon Return Obligasi yang mayoritas di sekitar <6,75% dan Fixed selama rata-rata >3 tahun. Perhitungan ini diasumsikan, jika masyarakat telah membeli obligasi di waktu sebelum kenaikan dari BI. Vera menilai, hal ini akan mempengaruhi minat masyarakat pada instrumen obligasi, khususnya obligasi pemerintah, karena ada pilihan instrumen investasi lain dengan keamanan dan menawarkan return yang lebih tinggi.

Selain obligasi, instrumen investasi lain yang diproyeksi terdampak adalah reksa dana, khususnya Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Pasar Uang. Pasalnya, bunga deposito BPR akan menjadi sangat kompetitif dengan tingkat return RDPT/RDPU yang rata-rata bisa memberikan keuntungan sekitar 7% – 10% per tahun.

Untuk mengatasi dampak perubahan BI rate yang tidak bisa diprediksi, masyarakat bisa mengelola risiko portofolio investasi dan melakukan diversifikasi.

“Solusi terbaik adalah dengan melakukan diversifikasi, don’t put your egg in one basket. Karena tidak ada instrumen investasi yang paling hebat, yang hebat adalah bagaimana cara masyarakat mengelola risiko dari instrumen investigasi yang dimiliki,” jelasnya.

Vera juga memberikan opsi lain kepada masyarakat, yakni diversifikasi investasi dengan Deposito BPR. Selain memberikan keuntungan yang sangat kompetitif dibandingkan instrumen rendah risiko yang lainnya, deposito BPR dapat memberikan tingkat keuntungan lebih pasti.

Keuntungan tentunya menyesuaikan dengan bunga deposito yang dipilih. Keamanan deposito BPR pun terjamin karena sudah mendapat perlindungan penjaminan dari LPS hingga Rp 2 miliar per nasabah per bank.

Untuk itu, masyarakat tidak perlu bingung lagi jika ingin melakukan diversifikasi investasi ke produk Deposito BPR. Aplikasi DepositoBPR by Komunal kini sudah tersedia sebagai aplikasi marketplace yang menyediakan khusus produk Deposito BPR, dan ada 200 lebih BPR terseleksi di seluruh Indonesia.

Dengan menggunakan aplikasi DepositoBPR by Komunal, masyarakat bisa dengan mudah melakukan diversifikasi ke produk simpanan dengan keamanan terjamin dan potensi keuntungan yang cukup tinggi layaknya produk investasi. Dengan begitu, masyarakat bisa merasakan dengan mudah untuk melakukan diversifikasi dan merasakan pengalaman yang lebih praktis untuk melakukan penempatan deposito di ratusan BPR tersebut dengan hanya cukup satu kali daftar melalui aplikasi saja.

“Masyarakat juga tidak perlu khawatir karena seluruh BPR tergabung menjadi peserta penjaminan LPS, sehingga sudah aman dan dengan penawaran bunga deposito yang tinggi sesuai ketentuan LPS,” pungkas Vera.

You May Also Like

More From Author

93Comments

Add yours
  1. 1
    RobertDuexY

    Узнай все о недвижимости на одном портале! Наши полезные статьи о кредитах под залог недвижимости и о агентствах недвижимости помогут тебе разобраться во всех нюансах этой сложной области.
    Не упусти возможность быть в курсе всех изменений и принимать взвешенные решения! Посети наш сайт и стань экспертом в области продажи недвижимости!

  2. 2
    Douglascoite

    Желаете стать профи в сфере недвижимости? Наш ресурс – это ваш главный помощник! Мы предлагаем огромное количество полезных статей на такие темы, как оценка недвижимости, а также покупка жилья. Наши эксперты поделятся с вами полезными советами, чтобы помочь вам принимать взвешенные решения в сфере недвижимости!

  3. 5
    GregoryVap

    Хотите быть в курсе всех важных тем в мире недвижимости?
    На нашем сайте вы найдете множество полезных статей о налогах на недвижимость, а также о анализе рынка недвижимости.
    Узнайте все, что вам необходимо для успешных сделок и принятия важных решений в сфере недвижимости.
    https://prestizh-stroi.ru

  4. 9
    JeffreyCaw

    Интересуетесь недвижимостью? Наш сайт – ваш надежный гид в этой области. Здесь вы найдете множество полезных статей на такие темы, как квартиры от застройщика, а также агентства недвижимости.
    Подробные аналитические материалы, экспертные мнения и важные рекомендации — все это доступно у нас!

  5. 11
    Jamesbah

    Добро пожаловать на наш портал, где вы найдете большое количество полезных статей на тему приемки недвижимости в новостройке или покупки квартиры с черновой отделкой. Узнайте, как защитить себя от ненадёжных застройщиков, какие проверки провести перед покупкой жилья, и о многом другом!
    https://citadel-ca.ru

  6. 12
    Richardrug

    На нашем сайте вы найдете информационные статьи на тему недвижимости, например, покупка квартиры в новостройке, оценка недвижимости, юридическое сопровождение сделки.
    Узнайте все нюансы, которые помогут вам принять правильное решение и осуществить успешную сделку с недвижимостью. Наши статьи помогут вам быть в курсе последних новостей и законов жилищного рынка, а также избежать недоразумений.
    http://domzenit.ru

  7. 19
    Alfredpautt

    Хотите быть в курсе всех важных тем в мире недвижимости?
    На нашем сайте вы найдете множество полезных статей о налогах на недвижимость, а также о анализе рынка недвижимости.
    Узнайте все, что вам нужно для успешных сделок и принятия взвешенных решений в сфере недвижимости.

  8. 47
    Williamnuavy

    Хотите быть в курсе всех важных тем в сфере недвижимости?
    На нашем ресурсе вы сможете найти множество полезных статей о квартирах от застройщика, налогах на недвижимость, а также о ипотечном кредитовании.
    http://zoltor24sochi.ru

  9. 79
    AoNiidarNedvizhimostSib

    Наш портал предлагает вам важную информацию на такие темы, как [url=https://54kovka.ru]аренда земли[/url] или [url=https://54kovka.ru]нотариальные услуги[/url].
    Посетите наш сайт и начните свой путь к новому жилью уже сегодня!

+ Leave a Comment