Kampung Belgia, Wisata Sejarah Jember yang Baru Saja Diresmikan Bupati Hendy

Jember, 16 September 2024 – Objek wisata Kampung Belgia di kawasan Perkebunan Sumberwadung yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan terletak di Desa Harjomulyo, Kabupaten Jember, Jawa Timur menawarkan agrowisata heritage.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, didampingi Mantan Wabup Jember periode 2015-2021 KH Abdul Muqit Arif, Direktur PDP Kahyangan Sofyan Sauri, serta Ketua TP PKK Kabupaten Jember Kasih Fajarini, meresmikan wisata kampung Belgia, yang berada di Kebun Sumberwadung, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Minggu 15 September 2024.

Wisata kampung Belgia merupakan perkampungan terpencil di wilayah perkebunan karet dan kopi milik Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Kabupaten Jember. Jalan-jalan ke perkampungan ini, pengunjung bisa merasakan suasana bak di kawasan pedesaan Kerajaan Belgia.

Rumah-rumah warga di sini memiliki keunikan tersendiri yakni arsitekturnya khas Eropa, berbentuk limas lengkap dengan atap daun rumbia, kokoh berdiri meski telah berusia 100 tahun lebih.

“Saya bangga meresmikan wisata Kampung Belgia. Ini merupakan salah satu destinasi wisata heritage yang telah berusia 100 tahun lebih. Ada gedung dan peralatan (pabrik karet dan kopi) yang juga sudah berusia 100 tahun lebih. Ini menjadi kebanggaan bersama,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto.

Sejarah kampung wisata Belgia ini,pada tahun 1928 Belgia membuka perkebunan serta pabriknya. Kebun tersebut diberi nama Kebun Sumberwadung, kemudian usai kemerdekaan Republik Indonesia, aset-aset itu dinasionalisasi dan kini berada di bawah pengelolaan PDP Kahyangan milik Pemkab Jember.

“Mari berwisata ke kampung Belgia, hawanya sejuk, kampungnya bak di Belgia, Anda juga diajak eduwisata pabrik kopi dan karet, diakhiri makan bersama di alam terbuka, asik banget pastinya!” ajaknya. 

Ke depan, lanjut dia, pihaknya akan berkolaborasi dengan berbagai OPD untuk menawarkan paket wisata Kampung Belgia yang bertujuan untuk melestarikan warisan sejarah, meningkatkan pendapatan masyarakat kebun, dan menarik wisatawan Eropa untuk datang berwisata dan bernostalgia ke Jember.

You May Also Like

More From Author