KOMUNITAS CERUTU JADI MEDIA PROMOSI CERUTU PTPN X

Surabaya – Keberadaan komunitas pecinta cerutu tidak hanya menyediakan tempat bagi para penggemar untuk berkumpul, tetapi juga memainkan peran penting dalam mempromosikan kebudayaan dan pengetahuan seputar cerutu. Komunitas pecinta cerutu biasanya terdiri dari individu yang memiliki minat yang sama terhadap cerutu. Mereka dapat berasal dari berbagai latar belakang, pekerjaan, atau profesi. Namun, kecintaan mereka terhadap cerutu menjadi pengikat yang kuat.

Salah satu manfaat utama dari keberadaan komunitas pecinta cerutu adalah saling bertukar informasi dan pengetahuan. Para anggota komunitas dapat berdiskusi tentang merek cerutu yang berbeda, etika bercerutu, varietas tembakau, atau bahkan merekomendasikan tempattempat terbaik untuk membeli cerutu. Melalui diskusi dan pertukaran pendapat ini, anggota komunitas dapat memperluas pemahaman mereka tentang dunia cerutu.

 Salah satu komunitas cerutu di Indonesia adalah Indonesian Cigars Club yang didirikan 26 Februari 2021 oleh Waski Pramantio, Andreas Setiadi dan Aditya Nugroho. ”Awalnya kami buat untuk saling kenal sesama penggemar cerutu di Indonesia. Saling bertukar wawasan tentang cerutu,” kata Adreas Setiadi. Saat ini anggota yang resmi terdaftar dan memiliki member card Indonesian Cigars Club ada 94 orang dari seluruh Indonesia.

Di Indonesian Cigars Club sendiri ada banyak kegiatan yang di­ lakukan. Salah satunya “Cigar and Friends” yang sudah digelar dua kali sejak club ini berdiri. Andreas menuturkan, dirinya sendiri mulai mencoba menikmati cerutu di tahun 2019. ”Pertama kali puffing, saya pairing dengan red wine Merlot. Ternyata saya suka, dan lama lama bisa berhenti merokok dan beralih ke cerutu,” tutur pria yang menggemari cerutu Indonesia ini. Menurut Andreas, saat ini image cerutu di Indonesia sudah mulai terbuka untuk semua kalangan. Jika dulunya dianggap ekslusif untuk kalangan tertentu saja, sekarang mulai merambah ke banyak segmen masyarakat.

Hal ini menurutnya karena semakin banyaknya cerutu nonpremium yang cita rasanya bisa diterima oleh penikmat cerutu. Dengan range harga yang sangat terjangkau, semakin banyak masyarakat yang mencoba cerutu. Dari banyaknya cerutu yang beredar, baik impor maupun asli Indonesia, kebanyakan anggota Indonesian Cigars Club lebih menyukai aroma dan taste cerutu Indonesia yang khas wanginya. Bahkan menurutnya dari pabrikan manapun di Indonesia, rasa khas itu ada. ”Walau banyak juga dari kami yang suka cerutu import, tidak tertutup. Cerutu yang enak adalah cerutu yang enak entah dari luar maupun nasional. Tidak bisa diperdebatkan,” jelasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours