Kontrak Dagang di Hari Keempat Trade Expo Indonesia Capai Rp 128 Triliun

Jakarta – Kontrak dagang pada hari keempat pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 semakin meningkat. Kementerian Perdagangan mencatat pada hari keempat Trade Expo Indonesia, Sabtu, 21 Oktober 2023, kontrak dagang mencapai US$ 8,5 miliar atau sekitar Rp128 triliun. Jakarta – Kontrak dagang pada hari keempat pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 semakin meningkat. Kementerian Perdagangan mencatat pada hari keempat Trade Expo Indonesia, Sabtu, 21 Oktober 2023, kontrak dagang mencapai US$ 8,5 miliar atau sekitar Rp128 triliun. 

Nilai kontrak dagang di hari keempat ini dicatat dari penandatanganan 27 nota kesepahaman (MoU). Ditambah satu Letter of Intent (LoI) antara eksportir Indonesia dan pembeli (buyer) internasional dari lima negara. Nilai kontrak dagang di hari keempat ini dicatat dari penandatanganan 27 nota kesepahaman (MoU). Ditambah satu Letter of Intent (LoI) antara eksportir Indonesia dan pembeli (buyer) internasional dari lima negara. 

“Kami terus mendorong semakin banyak kontrak dagang untuk dihasilkan dalam Trade Expo Indonesia tahun ini,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dalam siaran pers pada Ahad, 22 Oktober 2023.

Adapun pameran fisik Trade Expo Indonesia ke-38 akan berlangsung hingga hari ini, Ahad, 22 Oktober di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Didi berujar para pembeli internasional dalam MoU dan LoI tersebut berasal dari Hungaria, Mesir, Qatar, Cina, dan India. Produk yang termasuk dalam kontrak dagang meliputi dekorasi rumah, biji kopi mentah, sarang burung walet, keripik, pakaian, camilan, investasi produk kesehatan, dan batu bara. Terdapat juga produk setengah jadi seperti feronikel, baja tahan karat canai dingin, dan bijih nikel laterit.

Selain itu, tuturnya, terdapat kontrak jasa tenaga kerja. Kementerian Perdagangan pun berharap masih ada kontrak-kontrak dagang yang terjadi hingga hari terakhir pameran fisik Trade Expo Indonesia. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga juga menyampaikan apresiasi kepada kepala perwakilan RI di luar negeri yang telah memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman tersebut. Menurutnya, para eksportir dan mitra dagang yang hadir sangat antusias. Ia menilai para eksportir telah aktif dalam penandatanganan di Trade Expo Indonesia ke-38 ini. Bertemakan Sustainable Trade for Global Economic Resilience, Jerry berharap Trade Expo Indonesia ke-38 dapat menjaga kepercayaan dan antusiasme para pengusaha asing terhadap pengusaha Indonesia. Menurutnya, saat ini merupakan momentum untuk mewujudkan perdagangan berkelanjutan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours