Magang pada Divisi Human Resource and Development AGANG (HRD) di PT Agro Nusantara

Mojokerto] — Salah satu pabrik bioetanol terbesar di Indonesia adalah PT Energi Agro Nusantara yang merupakan anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X yang didirikan sebagai langkah awal era diversifikasi produk. PT Energi Agro Nusantara beralamatkan di Jalan Raya Gempolkrep, Suko Sewu, Gempolkrep, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Divisi HRD (Human Resource and Development) memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di PT Energi Agro Nusantara. Ttidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan perekrutan dan administratif, tetapi juga berperan sebagai pihak penggerak produktivitas. Divisi HRD menjadi satu dengan divisi HSE karena memiliki keterkaitan dengan hubungan manusia dan lingkungannya.

Program magang mandiri mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur yang bertugas pada divisi HRD dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan. Mahasiswi yang ditugaskan bernama Avril Virga Mutiara Yasmin yang saat ini menempuh semester 5 fakultas teknik dengan program studi teknik industri  

Dalam kegiatan magang yang dilakukan terdapat beberapa tugas pada divisi HRD diantaranya sistem kontrak kerja untuk PKWT yang terbagi dalam beberapa periode harian, bulanan, dan tahunan. Untuk harian memiliki masa kerja selama 10 hari dan akan diperpanjang sesuai dengan kebutuhan tiap divisi begitupun dengan bulanan dan tahunan. Tugas berikutnya adalah melakukan penilaian kinerja terhadap karyawan setiap satu tahun sekali. Selain itu terdapat tugas seperti merekap absensi karyawan dan formulir cuti atau izin.

Divisi HRD juga bertanggung jawab melaksanakan proses recruitment karyawan baru dengan beberapa tahapan diantaranya menyiapkan pengumuman open recruitment di media sosial dan website, seleksi administrasi/seleksi berkas, tes tulis berupa pengetahuan umum dan posisi yang akan dilamar, interview user, interview atasan, pengumuman lolos, penandatanganan kontrak, dan medical check up. 

Dengan adanya magang mandiri yang dicetuskan oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) UPN Veteran Jawa Timur ini, mahasiswa merasa terbantu untuk terjun secara langsung menghadapi kondisi lapangan. Selain untuk mengasah kemampuan belajar mandiri, mahasiswa bisa menjadi lebih inisiatif dan proaktif dalam melakukan sebuah pekerjaan. Harapan untuk divisi HRD PT Energi Agro  Nusantara adalah tetap berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan produktivitas karyawannya.  

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours