Menkominfo Ajak APJII Kolaborasi Percepat Transformasi Digital

Surakarta, September 2023 – Pemerintah terus berusaha mengatasi tantangan dalam menyediakan akses infrastruktur digital yang merata di seluruh Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk mendukung percepatan agenda transformasi digital nasional, sekaligus menjawab tantangan pelaksanaan yang ada.

“Kami juga sedang mengkaji potensi transformasi digital nasional sebagai instrumen utama untuk menghindarkan Indonesia dari Middle Income Trap,” ungkapnya dalam Rapat Kerja Nasional APJII – Menuju Indonesia Digital 2045: Sinergi Internet Tangguh dan Informasi Berdaulat di Surakarta, Selasa (26/09/2023).

Menkominfo mengajak APJII dan seluruh anggota APJII melakukan langkah konkret bersama Pemerintah dalam menyusun Masterplan Infrastruktur Telekomunkasi.

“Kami mengajak APJII terlibat aktif dalam mendukung penyusunan Masterplan Infrastruktur Telekomunikasi yang akan diinisiasi Kominfo dalam waktu dekat,” ujarnya.

Menurut Menteri Budi Arie, masterplan ini sangat penting agar pedoman perencanaan yang komprehensif.

“Mulai dari pemetaan kebutuhan ideal bandwidth Internet di Indonesia, pilihan teknologi yang tepat, afirmasi terhadap pelaku industri lokal, sampai pada milestones perencanaannya,” tuturnya.

Melalui keterlibatan APJII, Menkominfo meyakini rencana pengembangan, pembangunan, dan pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

“Khususnya dalam pengembangan sektor pemerintahan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Budi Arie menegaskan komitmen Pemerintah untuk mengatasi kesenjangan akses terhadap infrastruktur digital dan ketersediaan sumberdaya manusia.

“Tantangannya membangun infrastruktur digital karena kondisi alam dan geografis yang beragam,” ujarnya.

Selain itu, Menteri Budi Ari menyatakan Kementerian Kominfo juga tengah mencetak sumberdaya manusia dan talenta digital yang mumpuni.

“Disrupsi teknologi yang dapat mempengaruhi lapangan pekerjaan serta keterbatasan SDM digital nasional berkualitas tinggi yang siap menghadapi disrupsi tersebut,” tuturnya.

Sejak tahun 1996, APJII terus menjadi mitra kerja strategis Pemerintah dalam menghadirkan akses internet yang prima bagi seluruh masyarakat.

“Saya yakin, hubungan kerja sama eksisting dapat semakin menguat dan berkontribusi secara positif bagi kemajuan ekosistem digital Indonesia,” ungkap Menkominfo Budi Arie Setiadi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours