OJK Catat 7,9 Juta Rekening Baru Selama BIK 2023

Yogyakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan, pencapaian selama pelaksanaan Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2023 meningkat dari tahun sebelumnya.
Pada BIK 2023 tercatat telah diselenggarakan sebanyak 2.851 kegiatan dengan total peserta sebanyak 1.841.357 masyarakat, atau naik 15,09% dibanding dengan pelaksanaan tahun 2022.

Rincian total rekapitulasi akses keuangan selama BIK 2023 menyentuh 7.936.718 produk layanan/jasa keuangan. Antara lain mencakup industri perbankan, industri pasar modal, industri perasuransian, industri pembiayaan, industri pergadaian, dan industri fintech.

“Kami dapat melaporkan pada puncak bulan inklusi keuangan ini alhamdulillah telah terjadi peningkatan rekapitulasi capaian Bulan Inklusi Keuangan 2023,” Friderica dalam Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2023 di Yogyakarta, Sabtu (28/10/2023).

Adapun rincian total rekapitulasi capaian akses keuangan selama BIK 2023 antara lain:
1. Industri Perbankan: Pembukaan rekening baru sebanyak 2.925.231 rekening
2. Industri Pasar Modal sebanyak 131.058 rekening efek baru
3. Industri Perasuransian adalah sebanyak 658.484 polis
4. Industri Pembiayaan adalah sebanyak 543.731 debitur
5. Industri Pergadaian adalah sebanyak 3.253.844 rekening
6. Industri fintech adalah sebanyak 424.370 akun.

Sebagai puncak kegiatan Bulan Inklusi Keuangan, diselenggarakan kegiatan Financial Expo (FinExpo) pada 26-29 Oktober 2023 di Pakuwon Jogja Mall. FinExpo digelar untuk mendorong peningkatan pemahaman dan penggunaan produk dan/atau layanan jasa keuangan serta sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi antara Kementerian/Lembaga, LJK, Asosiasi dan E-commerce. Kegiatan FinExpo 2023 diikuti oleh 100 peserta.

Pada kegiatan ini dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain pameran produk dan/atau layanan jasa keuangan dan UMKM, kampanye produk inklusi keuangan, serta edukasi dan sosialisasi produk/program inklusi keuangan. Dilakukan juga penyerahan tabungan bagi pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) sebanyak 1.000 tabungan dengan total Rp 100 juta oleh Panitia FinExpo 2023.

Selain itu, juga dilakukan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) yaitu Teka Teki Silang (TTS) Terpanjang dengan Tema Keuangan Syariah. TTS ini terdiri dari 500 pertanyaan, berukuran lebar dua meter dan panjang 99 meter. Para pengunjung dan pelajar telah mengisi TTS sejak tanggal 26 September 2023. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat pengunjung untuk lebih mengenal dan menguji pengetahuannya tentang keuangan Syariah.

You May Also Like

More From Author

12Comments

Add yours
  1. 1
    tenevoy_skol

    Преимущества теневого плинтуса в декорировании помещения,
    Советы по монтажу теневого плинтуса без дополнительной помощи,
    Креативные способы использования теневого плинтуса в дизайне помещения,
    Теневой плинтус: классический стиль в современном исполнении,
    Как подобрать цвет теневого плинтуса к отделке стен,
    Теневой плинтус: простое решение для скрытия кабелей и проводов,
    Интересные решения с теневым плинтусом и подсветкой: идеи для вдохновения,
    Как сделать помещение завершенным с помощью теневого плинтуса,
    Почему теневой плинтус – важная деталь в оформлении интерьера
    алюминиевый профиль https://plintus-tenevoj-aljuminievyj-msk.ru/ .

  2. 2
    peregonavtofgtd

    http://peregonavtofgtd.kiev.ua

    Я мухой, эффективно и еще фундаментально провезти Ваш ярис с Украины в Европу, чи с Европы в течение Украину вместе всего нашей командой. Формирование паспортов равно экспортирование производятся на оговоренные сроки.
    http://www.peregonavtofgtd.kiev.ua

  3. 7
    ラブドール

    まず、comのウェブサイトの使いやすさは非常に高く評価されています.セックス ドールシンプルで直感的なデザインは、ユーザーが簡単に必要な情報にアクセスし、理想のドールを見つける手助けをします.

+ Leave a Comment