Pameran IMOS 2023 Resmi Dibuka Menperin

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran otomotif Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2023 yang digelar di Hall 10 ICE BSD, Tangerang, 25-29 Oktober 2023. Pameran yang sekarang bernama IMOS+ ini disiapkan sebagai panggung bagi industri sepeda motor untuk unjuk teknologi terkini.

Agus Gumiwang beraharap ajang IMOS+ 2023 bisa semakin menggeliatkan pasar sepeda motor di Indonesia, termasuk juga pasar ekspor. Agus berharap ekspor sepeda motor pada 2023 ini bisa mencapai 743.000 unit.

“Terlepas dari sedang lemahnya daya beli pasar global saat ini, target itu menjadi tantangan bagi kita. Kita harus bisa mempertahankan angka kinerja ekspor kita,” kata Agus dalam sambutannya di pembukaan IMOS+ 2023, Rabu (25/10/2023).

Wakil Ketua 1 Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sutarya menyampaikan, ajang kali ini melibatkan sebanyak 16 merek sepeda motor, termasuk sepeda motor listrik.

16 merek sepeda motor yang menjadi peserta pameran IMOS+ 2023, Astra Honda Motor, Suzuki, Yamaha, Scomadi, Royal Enfield, serta merek sepeda motor listrik Greentech, Gova EV, ALVA, Charged EV, Dhelvic, Ion Mobility, Selis, Kool EV, Lisgo, Polytron, dan Savart EV. Industri pendukung lainnya mulai dari ban, pelumas mesin, spareparts, aksesori, helm, hingga apparel.

AISI juga mengungkap adanya pertumbuhan penjualan kendaraan roda dua selepas pandemi, begitu juga dengan industri asesori, suku cadang, dan alat pendukung berkendara yang turut tampil dalam pameran ini.

“Penjualan kendaraan sepeda motor domestik sepanjang Januari hingga September 2023 telah mencapai sekitar 4,7 juta unit. Angka itu tumbuh sekitar 30,7% dibandingkan 2022 lalu,” ujar Sutarya

Sutarya berharap pameran kali ini mampu mendorong penjualan sepeda motor dalam negeri hingga 6 juta unit pada akhir 2023 nanti. Target tersebut juga sudah mencakup motor listrik yang ekosistemnya yang sudah mulai dibangun di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours