Perbedaan Ampoule dan Serum yang Sering Dikira ‘Sama’

Masih sering dibuat bingung dengan yang namanya Serum dan Ampoule? Memang sih keduanya hampir sama, tapi ternyata keduanya berbeda, lho. Perbedaan paling umum antara Ampoule dan Serum adalah formulasi konsistensinya.

Ampoule biasanya lebih tebal dibandingkan dengan Serum. Namun, dari segi pengaplikasian, baik Ampoule dan Serum diterapkan setelah toner. Serum bisa digunakan sebagai rutinitas skincare harian, sedangkan Ampoule biasanya ditujukan untuk mengatasi masalah tertentu pada kulit wajah.

Oleh karena itu, seringkali para perempuan dibuat merasa bingung harus memakai yang mana untuk mengatasi masalah kulit wajah mereka. Nah, kamu mau tahu perbedaan Serum dan Ampoule lebih lanjut, yuk simak bahasan di bawah berikut ini.

1. Fungsi

Serum berfungsi untuk perawatan yang berisi konsentrat bahan aktif yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit secara spesifik. Misalnya kulit kusam, jerawat, dehidrasi, penuaan, dan lainnya.

Sedangkan Ampoule juga berfungsi untuk mengatasi kulit seperti Serum. Namun cara kerjanya dibanding dengan serum, lebih cepat Ampoule.

2. Bahan

Kandungan pada serum terdapat bahan aktif yang digunakan seperti zat anti penuaan, zat anti oksidan, Hyaluronic Acid sebagai pelembab dan berbagai vitamin. Dalam presentase 5% atau 10% pada kandungan yang campuran bahan aktif.

Dengan presentase yang berbeda dan bertingkat pada kandungan Niacinamide dalam serum. Kandungan bahan aktif dalam Ampoule juga mirip dengan serum.

Akan tetapi konsentrasinya lebih tinggi dan spesifik seperti Retinol, Ceramide, Vit C, Asam Hialuronat, Asam Esensial, dan ekstrak tumbuhan seperti Centella Asiatica.

3. Tekstur

Serum dikemas dalam botol kaca yang berisi cairan dengan tekstur ringan. Meskipun ada produk tertentu yang memiliki produk serum dengan tekstur yang kental. Tekstur pada Ampoule dikenal yang lebih pekat. Namun ada pula produsen yang mengeluarkan produk Ampoule dengan tekstur yang lebih cair.

4.Penggunaan

Serum digunakan setiap hari dengan cara dioles atau diusapkan ke wajah, sebab kandungan dan manfaatnya aman digunakan setiap hari. Ampoule bisa digunakan dengan oles dan injeksi. Penggunaan Ampoule bisa juga digunakan setiap hari yang dapat membantu mempercepat efektivitas suatu produk.

Nah, itu dia beberapa perbedaan antara Ampoule dan Serum. Jadi jangan salah kira lagi ya, sehingga kamu jadi tidak asal pakai juga untuk perawatan kecantikan kulit wajah kamu.

Apakah Serum dan Ampoule Boleh Dipakai Secara Bersamaan?

Ternyata, serum dan Ampoule boleh dipakai secara bersamaan, lho. Pemakaian keduanya dalam skincare rutin kamu akan membantu menyelesaikan permasalahan kulit lebih cepat.

Tetapi, jangan lupa untuk lihat reaksi kulit kamu dan juga memilih produk yang sesuai dan cocok terlebih dahulu buat kulit kamu ya, Beauties. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours