Perluas Wawasan Diversifikasi Produk, Disperdagkum Ponorogo Ajak IKM Tembakau ke Puslit Tembakau Jember PTPN X

Usai menggelar dua pelatihan mengenai diversifikasi produk tembakau kepada sekitar 350 orang pada Oktober dan November 2022 di sejumlah desa di Ponorogo, pada 23 November 2022, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdagkum) Kabupaten Ponorogo bertandang ke Puslit Tembakau Jember milik PTPN X.

“Pada Oktober 2022 kami menghelat Pelatihan Pembuatan Asap Cair  untuk 150 orang petani tembakau. Kemudian pada awal November 2022, kami mengadakan Pelatihan Pembuatan Biobriket kepada kurang lebih 200 orang,” ulas Ir. Sumarno, MM Kepala Disperdagkum Kabupaten Ponorogo.

Pasca dua pelatihan tersebut, tambah Sumarno, kami – PTPN Xmengajak perwakilan peserta dan juga rekan-rekan dari Bidang Industri Disperdagkum Ponorogo untuk memperluas sekaligus memperdalam wawasan mengenai diversifikasi produk tembakau PTPN X. 

“Menurut saya Puslit Tembakau PTPN X sudah cukup menggambarkan besarnya potensi diversifikasi produk tembakau. Di sini, kami peserta Study Referensi diperkenalkan mengenai ragam produk yang bisa dihasilkan dari limbah tembakau seperti dari daun pucuk, biji, bunga, dan akar tembakau. Selain demo pembuatan biochar, asap cair grade 1 dan grade 2, kami juga melihat demo proses pembuatan biopellet dan juga kertas biodegradable serta alat dan mesin yang terkait dengan diversifikasi produk. Salah satunya adalah kompor biomassa. Kami juga mendapatkan ilmu mengenai pembesaran benih tembakau (pillenasi) dan juga tentang terobosoan di dunia proteksi tanaman tembakau. Kecuali itu, kami juga mengajak peserta melihat proses pembuatan cerutu handmade di Kopkar Kertanegara,” urai Sumarno.

“Dengan lengkapnya sharing knowledge yang kami terima di sini – PTPN X, saya yakin Ponorogo memiliki potensi yang besar untuk pengembangan komoditas tembakau, khususnya di ranah diversifikasi produk tembakau,” tegasnya. (Okta PI_Penelitian Tembakau Jember, Putri_Sekper)

You May Also Like

More From Author

3Comments

Add yours
  1. 3
    Spencer

    Definitely believe that which you stated. Your favorite reason seemed to be on the web the easiest thing
    to be aware of. I say to you, I definitely get annoyed while people consider worries
    that they just don’t know about. You managed to
    hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side-effects , people could take
    a signal. Will likely be back to get more. Thanks

+ Leave a Comment