Review Film Civil War : Film Perang dengan Penceritaan dan Story Telling yang Unik dan  Istimewa

Review Film : Civil War

Sutradara : Alex Garland

Actors : Kirsten Dunst, Wagner Moura, Cailee Spaeny, Stephen McKinley Henderson

Rating : 9 / 10 Tayang Bioskop

Surabaya, 1 Mei 2024 – Jika film – film perang biasanya diambil dari sudut pandang tentara, jagoan atau politikus maka film civil war diambil dari sudut pandang jurnalis. Oleh karena film ini sama sekali tidak membicarakan tentang basa basi nasionalisme atau heroisme basi yang memicu perang namun menampilkan perang dengan apa adanya. Bahwa dalam setiap perang, orang yang lemah dan tidak berdaya akan selalu menjadi korban.

Mengisahkan tentang sekelompok jurnalis yang menempuh perjalanan menuju Washington DC untuk mewawancarai presiden yang mereka yakini sebentar lagi akan jatuh. Mereka terjebak ditengah perang saudara Amerika Serikat, antara pasukan pamerintah dan pemberontak. Dalam perjalanan mereka memotret segala kejadian tanpa memihak. Oleh sebab itu film ini terasa istimewa karena menampilkan perang dengan jujur dan apa adanya.

Kirsten Dunst menjadi tokoh sentral dalam film ini bersama Cailee Spaeny dan Wagner Moura. Sudut pandang jurnalis dalam menampilkan perang yang apa adanya dan tidak memihak dapat mereka representasikan dalam film ini. Pencapaian acting yang luar biasa bagi Dunst.

Selain itu story telling yang ditampilkan terasa begitu mengganjal, seolah penonton dipaksa merenungkan tentang eksistensi kemanusiaan dan alasan kenapa di dunia harus ada perang. Press yang ditampilkan menunjukkan press yang idealis alih – alih menjadi alat penguasa atau segelintir orang untuk membawa propaganda dalam mencari pembenaran terutama dalam perang dan konflik yang saat ini tengah panas di belahan bumi manusia.

Rasanya, film ini akan terasa keistimewaannya bukan dalam review atau kritik. Penonton harus merasakan sendiri pengalaman menonton film perang dengan nuansa sudut pandang dan penceritaan yang spesial. Sangat direkomendasikan.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News

You May Also Like

More From Author