RI Rangkul Belanda Garap Proyek Energi Hijau

Jakarta – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggandeng pihak Negara Kincir Angin atau Belanda untuk masuk ke dalam sektor energi baru dan terbarukan (EBT).

Menteri ESDM, Arifin Tasrif menyebutkan bahwa saat ini pihaknya tengah bekerja sama dengan Belanda untuk membantu di sisi teknologi dan pembangunan kapasitas.

“Kita kerja samanya mengenai global mengenai NDC kita kita kerja sama dengan Belanda bantu tadi dengan finance teknologi sama capacity building,” jelasnya saat pembukaan acara Renewable Energy and Climate Summit Indonesia-The Netherlands, Jakarta, Senin (9/10/2023).

Arifin menyebutkan bahwa Indonesia akan mengembangkan proyek energi surya bersama dengan pihak Belanda. Khususnya dengan PT Pertamina (Persero).

“Kita hargai inisiatif ini dan akan develop beberapa proyek siang ini akan ditandatangani antara Dutch Solar dengan Pertamina untuk solar film jadi dengan film itu akan ditempel di mana-mana itu bisa menyerap energi matahari. Saya rasa nanti Pertamina NRE yang akan merespon kita akan develop sumber sumber dari ocean energy,” tambahnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours