Seribuan Makanan Dibagi Gratis Tiap Hari di Festival Jajan Solo

Solo – Festival Jajan Solo 2023 di Pamedan Mangkunegaran hari ini resmi dibuka. Menjadi festival jajanan terbesar di Solo, acara tersebut akan digelar selama tiga hari ke depan dengan menghadirkan 210 tenant UMKM jajanan dan kuliner Solo.
Opening Ceremonial Festival Jajan Solo 2023 pun digelar pukul 15.00 WIB dengan menghadirkan penampilan tari gambyong, hingga puncaknya adalah prosesi gunungan hasil bumi berupa buah, sayur, roti, hingga jamu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo, Wahyu Kristina mengatakan, Festival Jajan Solo 2023 diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengunjung dan UMKM.

“Semuanya bisa mendapatkan manfaat. Baik pengunjung, baik UMKM yang mengikuti festival,” kata Wahyu dalam sambutannya, Jumat (20/10/2023)..

Ia berharap, para pengunjung dan tenant UMKM dapat turut meramaikan atraksi seni dan budaya yang juga hadir dalam festival tersebut.

“Festival Jajan Solo 2023, sebagai festival yang terbesar di Kota Solo resmi dibuka,” sambungnya saat meresmikan pembukaan Festival Jajan Solo 2023.

Usai pemberian sambutan dari Wahyu, diadakan lempar sampur dan diikuti dengan pembagian gunungan hasil bumi. Tak sedikit pengunjung yang mulai berdesakan berebut makanan dari gunungan.

Program Director Festival Jajan Solo, Krisna Chimink berharap festival terbesar itu nantinya dapat memberikan hal besar pula bagi para tenant UMKM.

“Harapan kami sebenernya Festival Jajan Solo bisa jadi kendaraan buat temen-temen UMKM, bisa level up. Kami membuat ini untuk jadi satu hal yang besar, mungkin akan bisa mendatangkan hal yang besar juga yang harapannya bisa kembali si tenant-tenant itu,” tuturnya.

Selanjutnya, Festival Jajan Solo 2023 juga akan diramaikan dengan beragam kegiatan menarik seperti bagi-bagi 1.100 jajanan gratis setiap hari.

“Akan ada masak gedhen, kami akan masak sekitar 1.100 porsi, yang 100 akan kami bagikan di venue, yang 1.000 akan kami bagikan ke ojol dan tukang becak di sekitar Mangkunegaran,”

Chimink menambahkan, Festival Jajan Solo 2023 pun diklaim sebagai festival ramah keluarga sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

“Karena kami menyiapkan tenda laktasi, jadi buat keluarga mungkin ada ibu menyusui atau mau ganti pampers dan segala macem kami siapkan tenda khusus, dan kami siapkan playground gratis sih,” imbuhnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours