Taklukkan Brentford 2-1, Arsenal Menjadi Pemuncak Klasemen Liga Inggris

London, 10 Maret 2023 – Arsenal menjadi pemuncak klasemen liga Inggris pertama kalinya semenjak Boxing Day, setelah mengalahkan Brentford 2 – 1 di Emirates Stadium pada minggu (10/3) jam 00:30 WIB dini hari.

Declan Rice membawa Arsenal unggul pada menit ke-19, namun Yoane Wissa memanfaatkan kesalahan Aaron Ramsdale di masa tambahan waktu babak pertama.

Kai Havertz mencetak gol pada menit ke-86 untuk melanjutkan performa apiknya dan memberi Arsenal kemenangan kedelapan berturut-turut, membuat mereka unggul terlebih dahulu atas Liverpool dan Manchester City, yang bertemu di Anfield pada hari Minggu (10/3) jam 22:30 WIB.

Baca juga : Pertandingan Penentu Pemuncak Klasemen Liga Inggris Liverpool VS Manchester City

Mikel Arteta terpaksa melakukan dua pergantian yaitu Aaron Ramsdale dan Leandro Trossard menggantikan David Raya yang tidak memenuhi syarat karena melawan klub asalnya dan Gabriel Martinelli yang cedera.

Brentford membuat satu perubahan dari hasil imbang mereka melawan Chelsea saat Keane Lewis-Potter masuk menggantikan Sergio Reguilon.

Peluang bersih pertama di pertandingan ini jatuh ke tangan Christian Norgaard pada menit ke-15, namun sundulannya dari situasi sepak pojok masih mengarah tepat ke arah Ramsdale. Arsenal memimpin empat menit kemudian ketika Declan Rice menyambut umpan silang Ben White dan menyundulnya melewati Mark Flekken untuk mencetak gol keenamnya di Premier League musim ini, pencapaian terbaiknya dalam satu musim. Ini juga pertama kalinya Rice mencetak gol berturut-turut di Premier League pada percobaannya yang ke-232.

Saat Arsenal terlihat akan memimpin babak pertama di ruang ganti, Brentford tiba-tiba menyamakan kedudukan. Pada menit keempat waktu tambahan babak pertama, Ramsdale melakukan penyelamatan di kotak pinalti miliknya dan membiarkan Wissa menutup dan membloknya ke dalam gawang. Ini adalah pertandingan ketiga berturut-turut di mana pemain Kongo mencetak gol.

Arsenal mengawali babak kedua dengan baik namun nyaris tertinggal dan menjadi penantang gol terbaik musim ini pada menit ke-55. Ramsdale hampir kebobolan lagi ketika Ivan Toney melakukan tendangan setengah voli yang brilian dari jarak lebih dari 40 yard, tetapi kiper Arsenal berhasil menggalkannya dan dengan upaya penuh mengarahkan bola melebar.

Gabriel nyaris mencetak gol di sisi lain dengan sundulan kuat dari sepak pojok Bukayo Saka, tetapi Vitaly Janelt menghentikan upaya tersebut sebelum Flekken merebut bola liar.

Arsenal kembali terselamatkan oleh aksi Ramsdale ketika melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-71, menepis sundulan Nathan Collins dari jarak dekat. 3 menit kemudian Rice hampir mencetak gol keduanya, namun tendangan melengkungnya dari jarak jauh masih membentur sudut gawang.

Arsenal akhirnya kembali memimpin pada menit ke-86 ketika White memberikan umpan silang dari sisi kanan ke Havertz, yang menyundul bola melewati Flekken untuk mencetak gol kedelapannya di liga Inggris musim ini, mencetak gol untuk pertandingan keempat berturut-turut.

Kekalahan liga ke-13 dalam 17 pertandingan terakhirnya, membuat Brentford berada di peringkat ke-15 dengan 26 poin, lima poin di atas zona degradasi.

Nasib Arsenal sebagai pemuncak klasemen akan ditentukan pada laga Liverpool VS Manchester City di Anfield. Jika pertandingan berakhir imbang, maka Arsenal akan tetap bertahan di puncak liga Inggris.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours