Tanam Perdana Tembakau TBN MTT 2023 Targetkan Melampaui Produksi Tahun 2022

Anak perusahaan Holding Perkebunan, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X secara memulai Musim Tanam Tembakau Tahun 2023 yang ditandai dengan tanam perdana tembakau di Penataran Sumuran blokC Bagian V , Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (8/5/2023).
Tanam perdana tembakau TBN ( tembakau bawah naungan ) dilaksanakan di Kebun Ajong Gayasan.

Dalam sambutannya General Manajer Kebun Tembakau PTPN X Dwi Aprila Sandi SP. mengatakan, penanaman tembakau dilakukan serentak di tiga lokasi berbeda yakni di Kecamatan Umbulsari, Kecamatan Ajung dan Kecamatan Jenggawah dengan total keseluruhan lahan tanam mencapai 650 hektare.

“Kegiatan hari ini adalah tanam perdana untuk tembakau Bawah Naungan (TBN) PTPN X untuk musim tanam tahun 2023,” ungkap Sandi

Dwi Aprila Sandi menyampaikan, musim tanam tahun ini masih dihadapkan dengan anomali cuaca dan iklim. Sehingga untuk menjaga kualitas tembakau tetap baik. Penerapan SOP pengelolaan tembakau dan monitoring serta evaluasi yang lebih ketat adalah hal yang harus diperhatikan.

Luasan lahan khusus Kebun Ajong sendiri sejumlah 15 hektare dengan target produksi daun kering sebesar 1.750 kilogram (kg) perhektare.

Sandi berharap, ” terkait dengan target kinerja dapat dilampaui sesuai yang dijanji kami kepada pemegang saham serta BS Group.

Direktur PTPN X ” Tuhu Bangun ” melalui Erna Anastasia ( kabag SDM ) Berpesan,
” Dengan tantangan yang sedemikian berat alhamdulillah masih dapat menghasilkan produk tembakau dengan kwantitas dan kwalitas yang baik. Kita tidak boleh berpuas diri dengan hasil yang dicapai tahun 2022. Diharapkan 2023 harus mencapai lebih tinggi untuk meraih laba dari tahun lalu sebesar 75 milyar ” tuturnya.

Terpisah H. Ricky Marantika ( perwakilan BS group ) mengatakan pihaknya menjalin kerjasama dengan PTPN X kebun Tembakau ini karena ada mutual benefit, kemanfaatan yang sama.

” Win- win solution, tidak hanya beli putus. Menjaga produsen dan pembeli ini maju bersama. “Ujarnya.

Menurut H. Ricky dengan PTPN X pihaknya mempunyai sejarah panjang dan keyakinan pada PTPN X .

” InsyaAllah kualitasnya bisa baik, jumlah produksi yang bisa dihasilkan, baik kualitas maupun kuantitasnya.” Pungkasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours