8 Manfaat Edamame PTPN X Sebagai Asi Booster untuk Ibu Menyusui

Surabaya, September 2023 – Edamame dapat diolah menjadi camilan Bunda menyusui. Jenis polong-polongan ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Edamame adalah kedelai muda yang dipanen sebelum matang atau mengeras. Edamame memiliki warna hijau, berbeda dengan kedelai berwarna cokelat muda.PT Mitratani 27 sebagai anak perusahaan PTPN X adalah penyedia bahan makanan Edamame dan bahkan sudah di ekspor ke berbagai negara terutama Jepang.

Menurut ahli gizi klinis, Katherine Marengo LDN, R.D, edamame secara alami bebas gluten dan rendah kalori. Edamame juga tidak mengandung kolesterol, Bunda. “Edamame bebas kolesterol dan menyediakan protein, zat besi, serta kalsium,” kata Marengo.

Kandungan nutrisi edamame

Edamame mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan lho, Bunda. Dalam satu cangkir edamame matang setidaknya mengandung sekitar:

  • Protein: 33 persen dari kebutuhan harian
  • Kalsium: 10 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 10 persen kebutuhan harian
  • Vitamin K: 34 persen kebutuhan harian
  • Asam folat: 120 persen kebutuhan harian
  • Zat besi: 20 persen kebutuhan harian

Selain nutrisi di atas, edamame juga mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral, seperti riboflavin, tiamin, kalium, dan fosfor. Sama seperti daging dan produk susu, edamame pun menyediakan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh. Kandungan lainnya adalah asam alfa-linolenat omega 3 dan isoflavon.

Edamame memiliki tekstur yang lembut dan cocok dikonsumsi selama menyusui. Tapi, edamame dapat memicu alergi makanan lho. Jadi sebelum mengonsumsinya, pastikan Bunda dan Si Kecil tidak memiliki reaksi alergi dari produk kedelai ya.

  • Menghambat pengeroposan tulang

Bunda dapat kehilangan massa tulang selama menyusui karena memproduksi lebih sedikit estrogen, yang merupakan hormon untuk melindungi tulang. Tak hanya itu, kebutuhan bayi akan kalsium juga akan diambil dari tulang ibunya.

Nah, pengeroposan tulang ini dapat dihambat dengan makan edamame karena mengandung kalsium. Beberapa penelitian menemukan, konsumsi produk kedelai yang mengandung isoflavon dapat menurunkan risiko osteoporosis pada wanita yang menopause dan pasca menopause.

  • Menurunkan kolesterol

Edamame bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung serat dan antioksidan. Beberapa ahli juga menemukan bukti bahwa protein dalam kedelai memiliki sifat yang dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah.

  • ASI booster

Edamame mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan Bunda selama menyusui. Dengan makan edamame, produksi ASI juga akan meningkat karena jenis polong-polongan ini mengandung protein yang tinggi.

Selain itu, kandungan asam folat yang terkandung di dalam edamame akan diserap ke dalam ASI, sehingga membuat ASI lebih berkualitas.

  • Tidak menaikkan kadar gula

Nah, mungkin ini manfaat edamame yang penting. Edamame hampir sama sekali tidak akan menaikkan kadar gula secara drastis, terutama pada Bunda yang telah memiliki kadar gula yang tinggi sebelumnya. Edamame sangat rendah karbohidrat, juga kaya akan protein. Jenis kacang-kacangan ini dikenal karena rendah indeks glikemi, sehingga cocok untuk dijadikan camilan menyusui.

  • Menambah energi

Selama menyusui, sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan yang kaya protein untuk menambah energi ya. Nah, edamame kaya akan protein, sehingga dapat membantu Bunda kembali bugar dan menghilangkan rasa lelah yang berlebihan.

  • Mencegah depresi

Depresi dan stres dapat muncul di awal menyusui. Bunda dapat mencegah tanda-tanda ini dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti edamame. Beberapa penelitian telah mengaitkan kadar asam folat yang rendah dengan terjadinya depresi. Nah, bila kandungan asam folat yang diasup sesuai, maka risiko depresi dapat ditekan dengan cara menghentikan zat yang disebut homosistein terbetuk di dalam tubuh.

“Tingkat homosistein yang tinggi dapat mencegah darah dan nutrisi lain mencapai otak, serta bisa mengganggu produksi hormon serotonin, yakni hormon yang mengatur mood, tidur, dan nafsu makan,” ujar Marengo.

  • Mencegah dan mengatasi peradangan

Menurut studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, mereka yang mengonsumsi banyak produk kedelai akan memiliki tingkat peradangan yang lebih rendah dalam darah dibandingkan yang tidak. Edamame mengandung nutrisi yang mirip dengan vitamin B. Kandungan nutrisi ini berkontribusi terhadap kesehatan otot.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Edamame juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh atau imunitas, Bunda. Edamame mengandung copper sekitar 60 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Copper dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu sistem kekebalan bekerja secara optimal. Selain itu, edamame juga mengandung fitoestrogen yang dapat mencegah kanker atau penyakit tertentu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours