Tingkatkan Energi dan Kekebalan Tubuh Begini Manfaat Tebu Yang Perlu Diketahui

Surabaya -Tebu adalah tanaman yang dapat ditemukan dalam 36 varietas, tidak mengandung lemak, dan merupakan minuman alami 100 persen. Delapan ons atau kira-kira 240 ml jus tebu (tanpa aditif) mengandung 250 kalori, dengan 30 gram gula alami. Minuman ini memiliki kandungan lemak, kolesterol, serat, dan protein nol tetapi mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium, dan besi. Lantas apa saja manfaat tebu bagi kesehatan yang penting untuk diketahui? Berikut ulasannya dilansir dari laman Web MD:

1. TINGKATKAN ENERGI Manfaat tebu untuk kesehatan yang pertama adalah dapat memberikan energi secara instan. Itu sebabnya banyak jus tebu dijual di sebagian besar kios pinggir jalan di musim panas. Sebab, minuman tebu adalah cara terbaik untuk memberi energi pada diri sendiri dan memastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Gula sederhana dalam jus mudah diserap tubuh dan digunakan untuk mengisi kembali kadar gula.

2. MENINGKATKAN FUNGSI HATI Manfaat tebu untuk kesehatan yang kedua adalah membantu meningkatkan fungsi hati. Jus tebu dikatakan sebagai salah satu pengobatan alami terbaik untuk penyakit terkait hati seperti penyakit kuning. Studi menemukan bahwa jus tebu bersifat basa yang membantu dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

3. MEMBANTU TUBUH MELAWAN KANKER Manfaat tebu untuk kesehatan yang ketiga adalah membantu tubuh melawan kanker. Konsentrasi kalsium, magnesium, potasium, besi, dan mangan yang tinggi membuat sari tebu bersifat basa. Kehadiran flavonoid membantu tubuh mencegah sel kanker, terutama kanker prostat dan payudara.

4. MEMPERLANCAR SISTEM PENCERNAAN 33 PTPN X MAGZ

Manfaat tebu untuk kesehatan yang keempat adalah membantu memperlancar sistem pencernaan. Di antara manfaat lain dari tebu, air tebu juga luar biasa bagi orang yang menderita gangguan pencernaan. Kalium dalam jus tebu menyeimbangkan tingkat pH di perut, memfasilitasi sekresi cairan pencernaan, dan menjaga sistem tetap pada jalurnya. Tebu juga membantu mencegah infeksi lambung.

5. BERMANFAAT BAGI PENDERITA DIABETES Manfaat tebu untuk kesehatan yang kelima adalah baik bagi penderita diabetes. Padahal kandungan gula yang tinggi pada air tebu bisa membuat penderita diabetes mewaspadai konsumsi jus ini. Tapi, dalam jumlah sedang, jus tebu dapat bermanfaat bagi penderita diabetes sebab gula alaminya memiliki indeks glikemik rendah yang mencegah lonjakan kadar glukosa darah.

6. MENJAGA KESEHATAN GINJAL Manfaat tebu untuk kesehatan yang keenam adalah membantu menjaga kesehatan ginjal. Tebu dikenal sebagai bahan makanan rendah kolesterol alami, rendah sodium, tanpa lemak jenuh. Mengonsumsi jus tebu dapat membantu menjaga ginjal agar tetap dalam kondisi prima.

7. MEREDAKAN RASA SAKIT YANG TERKAIT DENGAN PMS & ISK Manfaat tebu untuk kesehatan yang ketujuh adalah membantu meredakan sakit akibat pra-menstruasi dan infeksi saluran kemih. Jika dikonsumsi dalam bentuk encer, dengan perasan jeruk nipis dan air kelapa, air tebu dapat membantu mengurangi peradangan tubuh yang dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual, infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan prostatitis.

8. MEMBANTU PERKEMBANGAN TULANG DAN GIGI Manfaat tebu untuk kesehatan yang berikutnya adalah membantu perkembangan tulang serta gigi. Dahulu kala, mengunyah batang tebu merupakan hiburan rutin bagi anak-anak dan remaja. Selain membuat mereka sibuk, manfaat jus tebu yang kaya kalsium juga memastikan perkembangan yang tepat dari sistem kerangka, tulang, dan gigi.

9. MENCEGAH BAU MULUT DAN KERUSAKAN GIGI Manfaat tebu untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah bau mulut dan kerusakan gigi. Jika Anda mengalami bau mulut terkait dengan kerusakan gigi, patutlah mencoba konsumsi jus tebu untuk membantu menghilangkannya. Tebu kaya akan mineral, termasuk kalsium dan fosfor, dan juga membantu membangun enamel gigi dan memperkuat gigi, memastikannya rentan terhadap pembusukan. Tebu juga mengatasi bau mulut yang disebabkan karena kekurangan nutrisi ini.

10. DAPAT MEMBANTU MENYEMBUHKAN JERAWAT Yang terakhir adalah membantu menyembuhkan jerawat. Penggunaan sari tebu secara topikal memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi dan menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat. Karena jus tebu mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) seperti asam glikolat, maka bisa meningkatkan proses pergantian (regenerasi) sel. Mereka juga mengelupas kulit dan menghilangkan kemungkinan penumpukan lemak penyebab jerawat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours