Cara Mudah Cek Keaslian Sepatu Adidas

Jakarta – Adidas adalah salah satu merek sepatu ternama dunia yang populer di berbagai golongan usia. Hadir sejak 1948, perusahaan alas kaki asal Jerman ini telah memiliki tempat tersendiri di kalangan penggemar sepatu. Namun, hal tersebut justru dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk memproduksi sepatu tiruan yang palsu dengan menggunakan nama Adidas.

Bagi orang yang baru akan membeli sepatu Adidas, mungkin sulit untuk mengidentifikasi keaslian suatu produk. Pasalnya, melansir dari laman hoodmwr.com, pasar produk palsu cukup terampil untuk meniru produk alami. Sekilas, produk tersebut mungkin akan terlihat seperti barang asli, namun apabila diperhatikan sebenarnya itu adalah produk palsu.

Oleh karena itu, perlu diketahui cara cek sepatu Adidas asli atau palsu. Meskipun banyak yang meniru produk aslinya, tetapi fitur yang dimiliki Adidas tidak mudah untuk ditiru. Berikut rangkuman informasi mengenai cara mengecek sepatu Adidas asli atau palsu.

  1. Cek Serial Numbe
    Cara cek sepatu Adidas asli atau palsu yang pertama adalah dengan memeriksa nomor seri sepatunya. Jika memiliki sepatu asli Adidas, maka Anda akan menemukan 12 digit kode identifikasi unik yang ditempel di bagian dalam sepatu.
  2. Kode ini umumnya dimulai dengan kata “Germany” dan diakhiri dengan “MD’. Anda juga dapat menemukan kode ini pada bagian sepatu lainnya, seperti label lidah dan jahitan cetakan sepatu. Jika tidak ada label seperti itu, maka kemungkinan sepatu Adidas tersebut palsu.
  1. Cek Logo Adidas
    Saat membandingkan sepatu kets Adidas yang asli dan palsu, Anda akan melihat bahwa sepatu palsu selalu dilengkapi stiker merek. Tetapi, lambang asli sebenarnya terukir di lidah sepatu, dan bukan tempelan belakang. Akibatnya, merek tempelan pada sepatu palsu akan lebih cepat memudar karena bukan dibuat dengan cetakan asli.
  2. Periksa Barcode
    Barcode atau kode batang adalah satu satu fitur penting yang harus dicari pada setiap sepatu. Label barcode kecil berwarna hitam ini dapat ditemukan di sol sepatu Adidas asli. Oleh karena itu, jika Anda melihat label barcode yang berwarna putih, maka kemungkinan sepatu tersebut palsu. Selain itu, tulisan ‘Made in China’ juga tidak lagi menjadi jaminan keaslian suatu produk. Hal ini digantikan dengan barcode pada produk yang menggunakan kode Jerman. Artinya, tiga angka pertama barcode harus tertulis antara 400 dan 440.
  1. Cek Stock Keeping Unit (SKU)
    Kode Stock Keeping Unit atau SKU adalah nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap produk Adidas. Nomor ini terdiri dari 10 karakter huruf dan angka yang bersifat unik untuk setiap desain warna dan model sepatu. Kode ini dapat ditemukan pada label di kotak sepatu atau tag di dalam salah satu atau kedua sepatu. Anda dapat mengetahui keaslian produk dengan mencari kode SKU yang tertera pada produk di mesin pencari, seperti Google. Apabila gambar yang muncul tidak sesuai dengan produk sepatu yang dimiliki, maka sepatu tersebut adalah palsu.
  1. Mencocokkan Pola Jahitan
    Pola jahitan pada sepatu asli selalu memiliki garis memanjang secara vertikal. Garisnya juga sejajar dengan pola jahitan pada di lidah sepatu. Oleh karena itu, jika pola jahitan tidak rata dan sejajar satu sama lain, maka dapat berarti bahwa sepatu yang dimiliki adalah palsu. Selain itu, jahitan Adidas asli juga kuat, halus, bersih, dan tidak ada lem.
  2. Harga dan Tempat Membeli Sepatu
    Membeli sepatu Adidas di tempat yang tidak resmi, baik online atau offline, berisiko mendapatkan barang palsu. Oleh karena itu, lebih baik membeli sepatu di situs atau toko resminya. Selain itu, apabila harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga pasaran, maka Anda harus berhati-hati. Pasalnya, bahan berkualitas tinggi yang digunakan dalam pembuatan sepatu Adidas, membuat harga setiap produknya tidak murah.
  3. Perhatikan Pengemasan Sepatu
    Cara cek sepatu Adidas asli atau palsu yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan pengemasan atau kotak sepatunya. Untuk menjaga kualitas sepatu, Adidas juga mempersiapkan kotak pengemasan yang tak kalah berkualitas. Oleh karena itu, kotak sepatu juga dapat menunjukkan keaslian produknya. Selain itu, kotak sepatu Adidas juga umumnya memiliki kode SKU yang dapat dicek keasliannya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours