Jelajah Nusa Penida, Pulau Eksotis yang Menghipnotis di Sebelah Tenggara Bali

Bali – Di mata para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, Pulau Bali menjadi primadona pariwisata Indonesia yang tidak bosan untuk dikunjungi berkali-kali. Tak heran, pulau ini tidak pernah sepi pengunjung meski bukan musim liburan. Termasuk juga pulau cantik yang terletak di bagian tenggara Bali, Nusa Penida.

Pulau Nusa Penida terkenal dengan kondisi geografisnya yang masih alami dan terjaga. Dari Bali menuju Nusa Penida, Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 40 menit menggunakan fast boat dari Pelabuhan Sanur atau Pantai Kusamba. Sesampainya di Nusa Penida, Anda dapat menjelajah ke banyak hidden gem eksotis yang akan membuat momen liburan semakin tak terlupakan. 

Pantai Kelingking

Anda mungkin pernah melihat –baik dari foto maupun televisi– tempat wisata satu ini. Namanya, Pantai Kelingking. Pantai ini sangat terkenal dengan ciri khas berupa lekukan tebing karang unik menyerupai leher Tyrannosaurus Rex (T-Rex) yang menjorok ke pantai. Di sekelilingnya, terdapat tebing yang berpadu sempurna dengan karang kecil dan membentuk pemandangan indah. Selain berburu foto Instagramable, di Pantai Kelingking juga ada diving spot populer bernama Manta Point. Di sini, Anda bisa menyelam ke bawah laut dan berenang bersama ikan Manta (ikan pari terbesar di dunia). Menarik, ‘kan?

Bukit Molenteng

Bukit Molenteng memiliki ciri khas berupa gugusan tebing indah yang dibalut pepohonan hijau, beserta beberapa teluk dengan pasir putih lembut di bawahnya. Saking cantiknya, deretan pulau kecil di sekelilingnya sering disebut-sebut menyerupai kawasan Wayag di Raja Ampat. Mengunjungi tempat wisata ini, Anda disarankan memilih waktu antara pagi dan sore hari lantaran menjadi saat yang tepat untuk melihat sunrise dan sunset dengan latar belakang yang mengesankan. Anda juga dapat mendaki ke atas bukit untuk melihat pemandangan dari atas yang tiada dua.

Pura Gua Giri Putri

Selama di Nusa Penida, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pura Gua Giri Putri. Menariknya, pura ini terletak dalam gua di dasar bukit yang tersembunyi. Sebelum masuk, Anda harus menaiki ratusan anak tangga. Meski perjalanan terbilang cukup panjang, tetapi semuanya akan terbayarkan saat sampai di dalam gua dan melihat langsung pemandangan menakjubkan di ujung lorong. Ketika melangkahkan kaki ke gua ini, Anda dapat merasakan suasana yang magis dan sakral. Selain sebagai tempat beribadah dan pelaksanaan berbagai ritual keagamaan, umat Hindu juga percaya air yang mengalir dari sumber mata air di Pura Gua Giri Putri mengandung kekuatan alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Usai membaca ulasan di atas, semakin membuat penasaran untuk bertualang langsung? Nah, bagi Anda yang berencana liburan ke Bali di akhir tahun nanti, yuk, segera cek berbagai promo hotel di Pegipegi si #JuaraHargaTermurah untuk menemukan hotel di Bali promo agar liburan jadi lebih murah! Jadi, tunggu apalagi? Selamat mempersiapkan liburan yang seru dan menyenangkan bersama keluarga! 

You May Also Like

More From Author

1 Comment

Add yours

+ Leave a Comment