Dorong Inovasi Energi Ramah Lingkungan, AQUA Klaten Latih Masyarakat Hasilkan Gas dari Kotoran Sapi

KLATEN – Masyarakat Desa Mundu, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sudah merintis pemanfaatan kotoran sapi sebagai bahan baku energi alternatif biogas sejak 2013.

Pengembangan biogas di Desa Mundu ini bermula dari pelatihan yang dilakukan Pabrik AQUA Klaten dan Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP). Tidak hanya memberikan materi cara pemanfaatan limbah ternak menjadi biogas, tetapi juga dilakukan pelatihan berbasis proyek untuk warga dalam membuat digester biogas.

Saat itu, ada tiga titik yang dikerjakan oleh warga setelah mendapat pelatihan dan dikerjakan selama 15 hari. Ketua Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo Desa Mundu, Teguh Sutikno menjelaskan bahwa program biogas ini menjadi menarik bagi warga karena pendekatan AQUA Klaten yang tidak hanya memberikan materi, tetapi juga percontohan sekaligus pelatihan berbasis proyek. Sehingga, warga dapat melihat secara langsung dan berpartisipasi langsung dalam program berkelanjutan ini.

“Dahulu itu kan kami memang diarahkan dan dahulu kan kami belum banyak yang berminat, dan kami memang belum tahu biogas itu apa. Setelah itu di sini dikasih pelatihan yang enggak cuma materi saja, tetapi ada percontohannya lalu kan satu menyala dengan baik, maka akhirnya banyak warga berminat,” jelas Teguh. Pelatihan berbasis proyek dan percontohan program biogas yang dilakukan Aqua Klaten terbilang sukses.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours