Macam-macam Komoditas Perkebunan di Indonesia

Jakarta – Sektor perkebunan merupakan salah satu pendukung ekonomi di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh tingginya hasil dari sektor tersebut. Selain itu, Indonesia juga mempunyai macam-macam komoditas perkebunan yang diminati pasar dunia.

Faktor utama tingginya jumlah dan keanekaragaman ini adalah keadaan Indonesia yang berada di garis khatulistiwa sehingga beriklim tropis. Dengan demikian, tanaman-tanaman perkebunan dapat tumbuh dengan subur.

Macam-macam Komoditas Perkebunan

Mengutip buku Penilaian Perkebunan Kelapa Sawit, Juliardi, S.E., MMPP., MAPPI (Cert.) dan ‎Hilma Tamiami Fachrudin, S.T., M.Sc., Ph.D., GP (2022: 1), menurut Undang-undang No. 18 Tahun 2004 tentang Perkebunan, pengertian perkebunan adalah sebagai berikut.

Segala kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu pada tanah dan/atau media tumbuh lainnya dalam ekosistem yang sesuai, mengelola dan memasarkan barang dan jasa hasil tanaman tersebut, dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemodalan serta manajeman untuk mewujudkan kesejahteraan bagi pelaku usaha perkebunan dan masyarakat.

Di Indonesia, perkebunan merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang perekonomian Indonesia. Terlebih lagi, ada macam-macam komoditas perkebunan yang dibutuhkan oleh pasar dunia. Berikut di antaranya.

1. Kopi

Kopi adalah biji tanaman yang bisa menghasilkan minuman aromatik. Umumnya, kopi dibagi menjadi dua jenis, yaitu robusta dan arabika.

2. Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan yang dapat dimanfaatkan minyaknya. Indonesia pun menjadi produsen minyak sawit terbesar di dunia.

3. Tebu

Tanaman ini biasa diolah agar menjadi gula. Indonesia menduduki peringkat kesembilan sebagai produsen tebu terbesar di dunia.

4. Lada

Lada adalah salah satu rempah-rempah yang berfungsi sebagai penyedap makanan hingga obat alami. Indonesia pun menduduki peringkat kedua sebagai produsen lada terbesar di dunia.

5. Teh

Komoditas ini dihasilkan dari perkebunan yang berada di dataran tinggi. Bagian yang dimanfaatkan adalah daunnya untuk diseduh menjadi minuman.

6. Karet

Indonesia adalah pengekspor karet terbesar nomor dua di dunia. Hasil dari perkebunan ini adalah sebagai bahan utama beragam benda di kehidupan sehari-hari seperti ban.

7. Tembakau

Tembakau masih menjadi salah satu komoditas perkebunan utama di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan produk yang menggunakan tembakau, yaitu rokok.

Macam-macam komoditas perkebunan ini ditanam di berbagai penjuru daerah di Indonesia. Hal ini diseuaikan dengan kondisi masing-masing daerah tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours