Dukung Kemajuan Inklusi, Ketua Komisi VIII DPR Ungkap Anggaran Kemensos untuk Penyandang Disabilitas

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi memastikan bahwa pihaknya mendorong penyandang disabilitas dari sisi legislasi Undang-Undang (UU) maupun anggaran. Hal itu disampaikan Ashabul Kahfi usai menghadiri forum tingkat tinggi The ASEAN High Level Forum (AHLF) on Enabling Disability-Inclusive Development and Partnership Beyond 2025, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 10 Oktober 2023.

Ashabul Kahfi menyebutkan bahwa Kementerian Sosial (Kemensos) memiliki anggaran yang cukup besar yakni Rp80 triliun, dari anggaran tersebut terdapat anggaran khusus bagi penyandang disabilitas. “Anggaran di Kemensos yang Rp80 T (triliun) itu sebagian itu untuk disabilitas. Mulai dari kursi roda, kaki palsu, itu luar biasa,” ujarnya.

Sementara dalam dari sisi legislasi UU 2016, kata Ashabul Kahfi, terkait disabilitas memang Indonesia didorong dan dibolehkan untuk membangun kerja sama dengan negara-negara yang memiliki kepedulian kepada disabilitas.

“Dan apa yang kita saksikan hari ini mulai dari penampilan, pementasan semua acara kegiatan ini seni melibatkan saudara-saudara kita dari disabilitas, artinya ini mereka memiliki potensi ketika diberi ruang yang sama yang memiliki kekurangan fisik ternyata tidak jadi penghalang untuk prestasi,” tuturnya.

Untuk itu, dia mengapresiasi pencapaian Kemensos. Menurut dia, perhatiannya terhadap disabilitas itu luar biasa.

“Sebagai anggota, DPR itu sudah terlalu banyak memfasilitasi melalui Kemensos. Oleh karena itu kami mengapresiasi Kemensos di bawah bu Risma (Menteri Sosial Tri Rismaharini) ini luar biasa ya,” ucapnya memuji.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours