Kontribusi Ahmed Zaki untuk Olahraga di Tangerang Saat Akhiri Masa Jabatan

Jakarta – Baru-baru ini, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, mengakhiri masa jabatannya setelah memimpin selama dua periode. Proses serah terima jabatan (Sertijab) dan perpisahannya sangat emosional bagi banyak orang, mengingat Zaki berhasil mengembangkan infrastruktur olahraga di Kabupaten Tangerang yang kini berkembang pesat.
Salah satu pencapaian yang Zaki bangun selama sepuluh tahun kepemimpinannya dan kini akan diteruskan oleh penerusnya adalah pembangunan stadion mini di seluruh 29 kecamatan Kabupaten Tangerang.

“Sarana olahraga itu penting, saya sangat konsen untuk membina anak-anak muda, agar mereka punya kesibukan dan tidak tawuran,” kata Zaki dalam keterangan tertulis, Kamis (21/9/2023).

Dengan menempatkan stadion di setiap kecamatan yang berdekatan dengan sekolah dan menggelar kompetisi olahraga secara rutin, maka anak-anak muda memiliki banyak kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Hal inilah yang menjadikan Zaki dicintai oleh banyak kalangan, termasuk anak-anak muda dan orang tua.

“Syukur kalau mereka memanfaatkan itu semua,” kata Zaki.

Zaki memiliki kecintaan yang mendalam pada olahraga, dan inilah yang mendorongnya untuk mengundang Walter Zenga, mantan penjaga gawang tim nasional Italia, untuk bergabung dengan Persita Tangerang. Harapannya, dengan menyediakan fasilitas olahraga ini, akan merangsang perkembangan atlet muda yang akan mengharumkan nama Kabupaten Tangerang dan bangsa Indonesia.

“Saat ini Kabupaten Tangerang juga telah memiliki 29 stadion mini dari 29 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang, keberadaan stadion mini tersebut juga merupakan representatif dari program unggulan Gerakan Tangerang Sehat. Jadi, tinggal satu kecamatan lagi yaitu Stadion Mini Kecamatan Kelapa Dua yang sedang dalam proses pembangunan,” imbuhnya.

Sehat dan Sejahtera merupakan hak warga serta prioritas agar sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing dapat tercipta di masa mendatang. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Tangerang terus gencar mengimplementasikan sejumlah program yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sejumlah kegiatan di Kabupaten Tangerang pun dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan Masyarakat. Agenda lain yang dilakukan adalah menggelar kompetisi Tangerang Junior League (TJL) 2023 yang diselenggarakan untuk kelompok usia 13, 15, dan 17 tahun. Jebolan TJL juga terbukti telah mencetak atlet-atlet muda sepak bola yang mengharumkan nama Kabupaten Tangerang di tingkat nasional dan internasional.

Zaki menyatakan, kompetisi-kompetisi ini adalah salah satu dari sedikit acara yang diselenggarakan di Kabupaten Tangerang. Ini juga berfungsi sebagai wadah untuk mengembangkan potensi dan kualitas para atlet muda dengan tujuan meningkatkan prestasi sepak bola lokal.

“Kompetisi-kompetisi tersebut merupakan agenda rutin di Kabupaten Tangerang untuk pembinaan atlet-atlet, kompetisi ini juga diharapkan akan menjadi cikal bakal lahirnya atlet berbakat di daerah kami,” jelas Bang Zaki, sapaan akrabnya.

Dalam kesehariannya, Zaki juga merupakan sosok yang gemar berolahraga dengan berbagai macam kegiatan digelutinya. Mulai dari bulu tangkis, renang, basket, voli, sepak bola, softball hingga sepeda pun dilakukan pria 49 tahun tersebut.

Menurutnya, anak-anak wajib berolahraga, tidak hanya untuk kesehatan dan fisik yang kuat saja melainkan juga meningkatkan mental. Sebab jika memiliki mental yang kuat, jiwa kompetitif tentu tertanam, selain itu olahraga juga meningkatkan kerja sama.

Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara anak yang berolahraga dan tidak berolahraga. Ia mengatakan bahwa anak-anak di Kabupaten Tangerang memiliki minat terhadap olahraga yang tinggi dan sehat.

“Apa aja ada, hampir semua olahraga di Kabupaten Tangerang kita berikan support. road bike, seperti mountain bike, sepeda lipat, olahraga otomotif juga ada. Di Tangerang ada balapan sebelum Jakarta. Kita ingin menjadikan Kabupaten Tangerang sebagai pusat kegiatan olahraga,” imbuhnya.

Tangan dinginnya membidangi olahraga juga meliputi cabang bola basket, seperti berperan dalam melahirkan klub basket Kabupaten Tangerang, yakni Tangerang Hawks yang ikut berkompetisi dalam Indonesia Basketball League (IBL). Bahkan ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Indonesia Provinsi Banten Periode 2022-2026.

Program olahraga yang gencar dilakukan adalah pembinaan atlet usia muda, dari jenjang SMP dan SMA dan pengenalan cabang olahraga tersebut bagi siswa SD. Semua kegiatan ini bermuara dalam mencari bibit unggul dan mencetak talenta berprestasi sejak dini. Pada tingkat Provinsi Banten dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi VI Banten, Kabupaten Tangerang memperoleh posisi kedua dengan total 485 medali, yakni 167 emas, 150 perak dan 168 perunggu dari 47 cabang olahraga yang dipertandingkan. Ini menunjukkan bahwa Kabupaten Tangerang sangat berkomitmen dalam pembinaan dan pelatihan atlet-atletnya.

Sementara itu, pada ajang Pekan Paralympic Provinsi (Perparprov) IV Banten, Kontingen Kabupaten Tangerang berhasil mempertahankan predikat juara umum. Kabupaten Tangerang meraih posisi pertama dari 8 kota/kabupaten yang bertanding dengan perolehan 88 medali, di antaranya 48 emas, 33 perak dan 7 perunggu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours