Omzet Festival Ekraf Kepulauan Seribu Capai Rp 32 Juta

Festival Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kepulauan yang diselenggarakan Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu di dua pulau berhasil meraup omzet Rp 32 juta dari hasil penjualan 46 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan.

Kepala Seksi Atraksi Promosi dan Ekonomi Kreatif Suku Dinas Parekraf Kepulauan Seribu, Ahmad Farihin mengatakan, omzet puluhan juta ini diperoleh dari hasil kegiatan Festival Ekraf di Pulau Tidung, Kamis (5/10) dan Pulau Untung Jawa, Sabtu (7/10).

Pelaku UKM yang dilibatkan dalam festival tersebut berasal dari Suku Dinas Parekraf, Suku Dinas PPKUKM, Suku Dinas PPAPP dan Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu. Produk yang dijual para UKM di dua pulau beragam, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan.

“Total omzet penjualan dari dua pulau ini mencapai Rp 32.794.500. Rinciannya di Pulau Tidung Rp 18.669.500 dan Pulau Untung Jawa  Rp 14.125.000. Kondisi ini menunjukkan roda perekonomian terus berkembang,” kata Farihin, Senin (9/10).

Farihin menjelaskan, kegiatan ini bertujuan mendorong pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di Kota Jakarta.Tujuan lainnya, menjadi media promosi pariwisata dan juga ekonomi kreatif melalui keterlibatan warga dan pemerintah.

“Semoga kegiatan ini dapat memotivasi para pelaku UKM agar berdaya saing tinggi. Insya Allah kegiatan tersebut akan kita lanjutkan kembali tahun depan,” ujarnya.

Tri (27), salah satu pelaku UKM menilai, kegiatan ini sangat bagus sekali bagi para pelaku usaha sepertinya. Khususnya dalam mengenalkan produk unggulan yang dijual.

“Dalam kegiatan ini saya menjual rumput laut, kentang mustofa dan rujak buah dengan omzet Rp 800 ribu per hari,”  ungkapnya.

Hal senada juga diutarakan Ayu (29), pelaku UKM lainnya. Ia menganggap, festival ini efektif membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan perekonomian.

Kegiatan seperti ini diharapkan bisa sering diadakan agar dapat mensejahterakan para pelaku UKM yang tengah mempromosikan semua produknya.

“Terima kasih kepada Suku Dinas Parekraf Kepulauan Seribu yang telah mengadakan kegiatan ini. Sehingga produk kami dapat dikenal luas,” tandasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours