Paparkan Potensi Ekonomi Indonesia, Wamendag Jerry Harapkan Peningkatan Kerja Sama Indonesia—Ghana

Jakarta –Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengungkapkan kondisi perdagangan terkinidi Indonesia serta industri potensial masa kini dan mendatangdi Indonesia. Sektor perdagangan Indonesia baik dan stabil untuk meningkatkankerja sama dengan Ghana.Hal tersebut dipaparkan dalam Ghana-IndonesiaBusinessForum di Hotel JW Marriott,Jakartahari ini, Senin(9/10).

“Sektor perdagangan Indonesia baik dan stabil untuk menjalin kerja sama dengan Ghana.Data yang kami miliki pun mencatat, neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2023 surplus sebesar USD 3,12 miliar. Dengan demikian, Indonesia telah menikmati surplus neraca perdagangan selama 40bulan berturut-turutsejak Mei 2022,” jelas Wamendag Jerry.

Selain itu, berdasarkan data yang dimiliki oleh Kementerian Perdagangan, pada tahun 2022 Indonesia mengalami peningkatan ekspor nonmigas yang signifikan dibandingkan tahun 2021, yaitu mencapai nilai USD 275 miliar. Angka ini menunjukkan pertumbuhan yang cukup besar jika dibandingkan dengan nilai ekspornonmigasyang tercatat pada tahun 2021, yaitu sebesar USD 219 miliar.

Wamendag Jerry menambahkan, Indonesia dan Ghana diberkahi dengan sumber daya alam yang melimpah dan populasi sumber daya manusia yang muda dan dinamis. Dengan kestabilan ekonomi Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kerja sama bilateral serta meningkatkan hubungan dagang dan investasi Ghana di Indonesia.

“Pemerintah Indonesia dan pemerintah Ghana bekerja keras untuk menciptakan lingkungan perdagangan dan investasi yang ramahuntuk kedua negara. Caranyadengan merampingkan peraturan, meningkatkan infrastruktur, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih transparan dan dapat diprediksi. Indonesia dan Ghana berdedikasi untuk membina lingkungan bisnis yang aman dan dapat diandalkan,” tegas Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menuturkan, potensi perdagangan bilateral merupakan aspek fundamental dari hubunganIndonesia-Ghana. Indonesia terkenal dengan minyak kelapa sawit, karet, tekstil, dan mobil, sedangkan Ghana terkenal dengan kakao, emas, minyak, dan gas alamnya. Sehingga, Indonesia-Ghana dapat saling melengkapi untuk ekonomi dan perdagangan.

Wamendag Jerry menyatakan, Indonesia dan Ghanajugatelah membuat langkah yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan dalam beberapa tahun terakhir. Di Afrika Barat, Ghana telah menjadi mercusuar stabilitas dan komitmenya terhadap ekonomidanpembangunan infrastruktur patut dipuji. Selain itu,Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia Tenggaradengan kelas menengah yang berkembang pesat dan beragam industri.

Wamendag Jerry juga mengungkapkan, Indonesia mendorong eksplorasi peluang investasi di berbagai sektor, seperti pertanian, energi terbarukan, pembangunan infrastruktur, dan teknologi digitaldengan Ghana. Sektor-sektor ini memiliki potensiyang sangat besar dan dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Ghana.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan,Ghana menduduki peringkat ke-14 sebagai negara tujuan ekspor Indonesiadi kawasan benua Afrika.Pada 2022, total perdagangan Indonesia-Ghana tercatat sebesar USD 196,86 juta. Produk ekspor utama Indonesia ke Ghana adalah minyak kelapa sawit dan fraksinya, sabun, mesin-mesin, produk kertas, dan produk ikan.

Sebelum mengakhirisambutannya, WamendagJerrymengundang delegasi Ghana untuk menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI), pameran dagang tahunan Kementerian Perdaganganyang akan berlangsung dari tanggal 18 Oktober hingga 22 Oktober2023di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Terdapat pameranberbagai produk ekspor Indonesiadi TEI. Selain pameran, TEI akan menyelenggarakan serangkaian acara bersamaan, termasuk seminar internasional,penjajakan kesepakatan bisnis(business matching),dan konselingbisnis.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours