Tinjau Proses Produksi Tembakau, Peserta PLDP II Kunjungi Kebun Tembakau Klaten

Senin (31/7) Manajemen Kebun Tembakau Klaten PTPN X menerima kunjungan peserta PLDP (Plantation Leadership Development Program) Batch 2. Rombongan disambut langsung oleh GM Kebun Tembakau PTPN X, Dwi Aprilla Sandi.

“Suatu kehormatan bagi kami karena Kebun Tembakau Klaten PTPN X terpilih menjadi objek experiential learning bagi 22 peserta PLDP Batch 2 dari sejumlah PTPN di Indonesia,” terang Erna Anastasia Dewi El Irsyadi, Kepala Bagian SDM.

Penilaian PLDP terbagi 3 yaitu kelas terstruktur, follow the others, dan yang menyumbang porsi terbesar adalah experiential learning sebesar 75%.  Menurut Krisnawan, kunjungan ke Kebun Klaten PTPN X sangat penting karena porsinya terbesar untuk keberhasilan peserta PLDP. Mereka akan berlatih melihat kondisi secara keseluruhan di lapangan.

“Peserta PLDP ini adalah Kepala Sub Bagian (Kasubag) dan Asisten Kepala (Askep) atau setara dari PTPN II, PTPN IV hingga PTPN VII, PTPN XII, dan PTPN XIII,” ungkap Krisnawan, kepala Bagian SDM LPP Yogyakarta.

Mengawali sesi kunjungan, peserta PLDP menyimak presentasi dari narasumber internal Dwi Aprilla Sandi, SP – General Manager Kebun Tembakau PTPN X. Beliau memaparkan materi bertajuk Overview Kebun Tembakau Klaten PT Perkebunan Nusantara X. Materi yang diulas seputar sejarah, SDM, on farm, off farm, pasar Kebun Tembakau Klaten PTPN X serta strategi-strategi manajemen untuk meningkatkan kinerja unit usaha. Usai mendengarkan presentasi tunggal, peserta diajak kunjungan lapang, yakni ke Penataran Sukorejo 3, Gudang Pengering GT 11, dan Gudang Pengolah Kebonarum Klaten.  Di Gudang Pengolah, peserta juga melihat langsung praktik pembuatan cerutu big cigar hand made

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours