Tips Mengolah Okra Menjadi Hidangan saat Puasa

Okra di Pabrik milik anak perusahaan PTPN X

Ketika dibelah dan dimasak, sayuran ini akan mengeluarkan sedikit lendir. Anda boleh membersihkan sedikit lendirnya, tapi sebaiknya jangan sampai dibilas bersih. Mengingat penjelasan manfaat okra di atas, sebagian besar potensi kebaikannya berasal dari lendir. Sayang, ‘kan, jika Anda malah tidak mendapatkan manfaatnya?

Selain itu, perhatikan juga bagaimana cara memilih dan menyimpan sayur bendi agar tetap lezat saat diolah. Berikut beberapa hal yang harus Anda tahu:

  • Jika menginginkan olahan bendi yang renyah dan empuk, coba pilih okra dengan ukuran sedang atau tidak terlalu besar maupun kecil. Sayur bendi yang berukuran besar biasanya sudah terlalu matang sehingga agak keras.
  • Pilih okra dengan tekstur keras dan kuat saat disentuh. Hindari memilih yang cenderung lunak atau lembek, karena menandakan sayur tersebut sudah tidak segar lagi.
  • Jika tidak ingin langsung dimasak setelah dibeli, jangan cuci sayur bendi dan simpan dalam kondisi kering terbungkus oleh kantong plastik. Mencuci sayur tersebut dan menyimpannya justru dapat membuatnya lembap, yang akhirnya mempercepat pembentukan lendir.
  • Cara menyimpan lainnya bisa dengan membekukan okra, sehingga mencegah pembusukan atau perubahan warna.
  • Hindari memotong okra jika tidak ingin langsung dimasak. Hal ini justru akan membuat bagian ujungnya menggelap ketika terlalu lama dibiarkan di udara terbuka.
  • Lendir yang dihasilkan sayur bendi ini bisa dijadikan saus kental untuk menambah cita rasa masakan.

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai tekstur lendir atau getah dari sayur bendi, Anda bisa memasak seluruh bagian sayur ini tanpa memotongnya terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghindari produksi lendir saat dimasak.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours